Tips & trik

Kiat-Kiat Membuat Press Release yang Baik

Pembuatan press release (siaran pers) adalah salah satu kegiatan yang sering kali tidak dieksekusi dengan baik oleh pebisnis atau pegiat startup. Padahal siaran pers cukup penting untuk membuat produkmu dikenal oleh publik.
Namun bila kamu pemilik perusahaan kecil atau startup, ada baiknya kamu menyimak kiat-kiat di bawah agar kamu bisa membuat press release yang baik sendiri.

1.Signifikan atau unik
Ketika kamu membuat siaran pers, cobalah posisikan dirimu sebagai pembaca, lalu tanyakan pada diri sendiri, “Bila saya melihat berita ini, apakah saya akan membacanya?”

2.Relevan dengan pembaca
Kirimkan siaran pers pada media yang memiliki fokus bidang sesuai dengan produkmu agar berita tersebut lebih cocok diangkat sebagai artikel.banyak juga siaran pers yang dikirim melalui email blast ke sebanyak mungkin media tanpa memperhatikan relevansinya.

3.Memberi nilai tambah
Ketika menulis siaran pers, tujuanmu tentu sudah jelas, yaitu mempromosikan produk atau perusahaanmu. Tapi kamu harus hati-hati agar bahasa yang kamu gunakan tidak terlalu “ngiklan” (hard sell). Daripada terpaku membanggakan produk, ubahlah fokus penulisanmu menjadi lebih mengutamakan pembaca.

4.Perlakukan press release seperti artikel
Secara singkat, ketika kamu menulis siaran pers, anggaplah bahwa kamu sedang menulis artikel.

5.Buat tulisan yang layak copy-paste
Anggaplah bahwa hasil akhir tulisanmu itulah yang nantinya akan diterbitkan, tanpa perubahan sedikit pun. Memang Jadi pastikan konten tulisanmu siap terbit, lengkap dengan judul yang padat dan menarik perhatian.

6.Hemat jargon dan kata sifat
Lebih baik hindari kata sifat, tapi gunakan fakta, data, dan angka untuk menunjukkan kualitas yang kamu miliki. Media sangat menyukai angka-angka.
Penggunaan jargon terlalu banyak juga bisa menyulitkan pembaca. Bila kamu menargetkan audiens yang spesifik, jargon-jargon itu mungkin sudah umum.

7.Gunakan pernyataan langsung
Pernyataan langsung adalah hal yang opsional, tapi bisa membuat berita terasa lebih berbobot. Apalagi bila pernyataan tersebut dikeluarkan oleh figur penting yang banyak dikenal masyarakat.

8.Mudahkan akses multimedia
Menyediakan materi multimedia bukanlah suatu kewajiban. Lagi pula tidak semua media mencantumkan gambar atau video di artikel beritanya. Tapi ini bisa sangat membantu untuk mempercepat publikasi siaran pers milikmu.

9.Sediakan gambar siap pakai
Sertakan gambar dengan resolusi yang cukup tinggi di siaran pers, tapi tidak terlalu berlebihan. Gambar dengan resolusi 720p atau 1080p dan aspect ratio 16:9 adalah ukuran yang ideal.

10.Beri akses cepat ke video
Kamu punya dua pilihan dalam akses video: menyertakan tautan ke video YouTube, atau memberi akses ke Dropbox/Google Drive berisi file video yang bisa diunduh oleh media.
Secara umum, tautan YouTube adalah praktik yang lebih baik dan efektif.

Sumber : https://id.techinasia.com/cara-membuat-press-release

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 2 =