Tips & trik

Cara Mengatur Waktu yang Simpel tapi Efektif

Cara Mengatur Waktu yang Simpel tapi Efektif

Ada berbagai macam cara agar orang bisa terus mengikuti berbagai kegiatan namun acara-acara tersebut tidak saling tumpang tindih atau malah mengganggu acara yang lain. Apa aja sih tipsnya?

1. Punya banyak kegiatan? Kategorikan per hari!
Hal ini memudahkannya untuk bisa fokus pada hal-hal yang masih berkaitan. Ini bisa diterapkan untuk hal yang lebih kecil.

2. Warnai semua kegiatanmu!
Setiap aktifitas mulai dari mandi, nyuci, hingga rapat diwarnai dalam kalender dengan berbagai macam warna. Kalandernya yang cetak maupun online, alias google calander, dan lainnya. Yang paling penting, waktu kosongmu juga kamu warnai agar kamu tahu seberapa sering kamu mempunyai waktu kosong, dan bisa digunakan untuk kegiatan lain.

3. Mayoritas kerja lewat email, bisa ikuti “inbox zero”
Maksudnya adalah dengan mengosongkan kotak masuk di emailmu setiap hari. Dengan cara ini, pemberitahuan mendadak, perubahan jadwal, atau informasi baru akan selalu muncul dan lebih mudah untuk disadari apakah sudah dibaca atau belum.

Caranya kamu cuma perlu untuk mengecek email pada waktu tertentu, masukkan ke folder khusus jika perlu, dan hapus jika tidak perlu. Simpel.

4. Pergunakan waktu senggang seefektif mungkin!
Hal paling mudah untuk dapat melakukan tugasnya dengan tepat waktu adalah dengan mengisi waktu luang.
Misalnya saat makan siang, istirahat, jalan atau naik bus ke sekolah atau kantor. Kamu bisa untuk mengisi waktu ini melakukan tugas-tugas ringan.

5. Carikan waktu khusus untuk “Me Time”.
Caranya simpel, kamu cuma perlu untuk mencari waktu beberapa menit untuk menyendiri. Di waktu ini kamu bisa mengatur jadwal, melakukan tugas, dan melakukan hal produktif lainnya tanpa diganggu.

Dikutip dari : https://www.brilio.net/wow/5-cara-atur-waktu-ala-orang-orang-tersibuk-ini-simpel-tapi-efektif–170830r.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 2 =