Informasi

AI Faktor Penting Pendukung Layanan Digital

Studi yang dilakukan Microsoft dan IDC terkait kepercayaan konsumen terhadap perusahaan penyedia layanan digital. Salah satu hasilnya mereka menyebut Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan menjadi salah satu faktor pendukung penting di layanan digital saat ini.

“AI saat ini bukan lagi menjadi hal yang aneh, bahkan telah menjadi hal umum. AI juga telah menjadi bagian penting bagi Microsoft, karena kami yakin AI bisa membantu konsumen dalam meningkatkan kehidupan mereka,” ujar Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee.

Kesadaran konsumen Indonesia soal teknologi AI cukup tinggi. Dalam studi ini menyebutkan ketersediaan informasi dari berbagai sumber membuat mereka lebih melek soal AI. IDC juga mengakui hampir sebagian partisipan atau tepatnya 52 persen mengetahui soal AI lewat pemberitaan di media. Selain itu, studi ini juga menyebut sebesar 71 persen konsumen di Indonesia memiliki ekspektasi positif terkait dengan masa depan AI.

Head of Operations IDC Indonesia Meivira Munindra menyebut ekspektasi positif konsumen Indonesia ini lebih tinggi dari tingkat rata-rata konsumen di Asia Pasifik, sebesar 49 persen.

Lebih lanjut, Meivira menyebut 86 persen konsumen Indonesia mengaku percaya bahwa teknologi AI bukan menggantikan mereka dalam bidang pekerjaan, namun justru membantu mempermudah dan meningkatkan performa pekerjaan.

Sedangkan 15 persen mengaku bahwa kehadiran AI mengurangi peluang mereka dalam melakukan rutinitas pekerjaan berulang, sedangkan 49 persen optimis bahwa AI dapat membantu melakukan pekerjaan dengan lebih baik. 

Konsumen Indonesia menempatkan industri industri telekomunikasi dan media paling tinggi dalam pemanfaatan AI untuk meningkatkan hidup mereka. Kemudian di posisi kedua di tempati lembaga pendidikan, dan terakhir layanan keuangan. 

Sumber : CNN Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *