Informasi

Google Siapkan Kartu Debit Pesaing Apple Card

Google dilaporkan tengah mengembangkan kartu debit fisik dan virtual bernama Google Card. Kartu ini nantinya akan terintegrasi dengan layanan pembayaran Google Pay.

Meski fungsinya sama-sama untuk melakukan pembayaran, Google Card berbeda dengan Apple Card, yang merupakan sebuah kartu kredit.

Apple Card adalah hasil kolaborasi Apple dengan Mastercard dan Goldman Sachs, sementara Google Card kabarnya adalah sebuah kartu debit, yang merupakan kolaborasi dengan sejumlah bank berbeda, termasuk Stanford Federal Credit Union dan Citi.

Lalu Google Card bakal mempunyai chip Visa, namun mungkin nantinya akan diperluas dengan chip lain seperti Mastercard, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Senin (20/4/2020).

Google Card bakal bisa dipakai untuk melakukan pembelian di toko ritel dan mendukung pembayaran tanpa kontak, alias contactless. Lalu ada juga Google Card versi virtual yang bisa dipakai dalam pembayaran melalui Bluetooth, dan tentu saja dipakai untuk transaksi pembelian secara online.

Segala transaksi dari Google Card itu bisa dipantau lewat aplikasi Google, kemungkinan besar Google Pay, dan aplikasi itu juga bisa dipakai untuk mengunci atau memblokir kartu jika hilang atau disalahgunakan.

Belum diketahui kapan Google akan merilis kartu ini, namun mereka sebelumnya sudah mengkonfirmasi kalau tengah mencari cara untuk bekerja sama dengan bank dan perusahaan kartu kredit di Amerika Serikat.