Waspada, Aplikasi Terinfeksi Malware Terus Masuk ke Google Play

news23juni_id

Belakangan ini, toko aplikasi Google Play kian diserbu oleh aplikasi yang terinfeksi malware. Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Kaspersky Lab beberapa waktu, angka aplikasi yang terjangkit malware sepanjang 2017 meningkat tajam dibandingkan kuartal sebelumnya.

Saat ini belum diketahui apa penyebabnya, tapi kemungkinan besar hal ini disebabkan ketidakmampuan Google membendung taktik jahat yang digunakan hacker. Aplikasi yang terjangkit malware rupanya merupakan aplikasi yang banyak diunduh oleh pengguna.

Saat itu, malware yang ada di aplikasi tersebut memungkinkan peretas untuk melakukan rootperangkat dan membanjiri pengguna dengan iklan.
Bukan hanya aplikasi itu, lebih dari 100 aplikasi dilaporkan menggunakan basis kode yang sama, bernama Ztorg.

Sementara itu, aplikasi lainnya seperti Magic Browser dan Noise Detector yang telah diunduh lebih dari 60 ribu kali rupanya tidak melakukan rooting terhadap perangkat. Alih-alih melakukan rooting perangkat, aplikasi itu mengambil alih perangkat untuk mengirimkan dan menerima SMS. Bisa dibilang, peretasnya memiliki kemampuan untuk diam-diam mengirimkan pesan ke premium number. Kedua aplikasi tersebut kemungkinan hanya untuk menguji malware dan tidak menggunakan kode Ztorg.

Melihat beberapa contoh di atas, pengguna disarankan untuk selalu berhati-hati terhadapmalware yang menginfeksi banyak aplikasi. Selain itu, disarankan pula tiap pengguna untuk mengunduh aplikasi secara sembarangan. Jika ada aplikasi yang tak jelas, sebaiknya pengguna tidak mengunduhnya.

Sumber: http://tekno.liputan6.com/read/3000191/waspada-aplikasi-terinfeksi-malware-terus-masuk-ke-google-play

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =