Tips & trik

Tips Mengatasi Rasa Bosan Saat ‘Diisolasi’ di Rumah Akibat Corona

Virus corona Covid-19 di Indonesia yang semakin merebak membuat pemerintah mengimbau warganya agar mengurangi interaksi sosial dengan bekerja dan belajar di rumah.

Bekerja dari rumah dan tidak bisa melakukan interaksi sosial dengan leluasa bukan masalah bila hanya berlangsung dalam waktu singkat. Namun, bila diterapkan dalam waktu lama, sebagian orang mungkin akan merasa kebosanan.

Ada beberapa kegiatan yang dapat membantu pikiran tetap jernih meski harus mengarantina diri di rumah dalam waktu cukup lama. Berikut ini 5 di antaranya seperti dilansir Fox News.

1. Hidup sehat

Meski bekerja di rumah dan mengurangi interaksi sosial, kesehatan tetap harus dijaga dengan baik. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah melakukan olahraga di rumah secara rutin minimal 30 menit per hari. Selama di rumah, pola makan juga sebaiknya dimodifikasi agar sesehat mungkin. Meditasi, melakukan peregangan, hingga melatih pernapasan juga dapat membantu. Olahraga rutin, pola makan yang sehat hingga meditasi juga tak hanya baik bagi kesehatan fisik, tapi juga dapat menurunkan stres dan meningkatkan suasana hati.

2. Membaca

Terdapat banyak pilihan buku yang dapat membantu seseorang untuk berpikir lebih positif. Buku-buku ini bisa berupa buku spiritual, self-help, autobiografi dari sosok yang dikagumi, hingga buku fiksi yang mampu membawa pembaca larut dalam cerita para tokohnya.

3. Meminimalisasi paparan internet

Meditasi dan latihan bernapas dalam bisa membantu menurunkan denyut jantung dan mengelola stres. Saat di rumah, coba untuk menjauh dari internet dan ponsel selama beberapa jam dalam sehari. Meminimalisasi paparan internet dan ponsel dapat menjauhkan diri dari pemicu stres dan kecemasan.

4. Menonton dan bermain gim

Saat ini, ada beragam layanan streaming yang menawarkan banyak pilihan film untuk ditonton bersama dengan keluarga. Bagi yang hobi bermain gim, tak ada salahnya memanfaatkan momen ini untuk menyalurkan hobi sejenak agar tak merasa bosan.

5. Tidur cukup

Mendapatkan tidur yang cukup dapat memberi dampak yang baik bagi kesehatan fisik dan mental. Tidur bahkan disebut sebagai penurun stres yang alami. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga merekomendasikan agar setiap orang mendapatkan tidur yang cukup saat pandemi Covid-19 berlangsung. Oleh karena itu, momen bekerja dari rumah dan berdiam diri di rumah seperti ini bisa menjadi saat yang tepat untuk menebus kekurangan tidur selama ini.
Artikel ini sudah Terbit di AyoBandung.com.