Gaya hidup

Lebih Efektif mana, kerja keras atau kerja cerdas?

Kerja keras dan kerja cerdas apasih bedanya?

Kerja keras adalah kegiatan kerja yang dilakukan tanpa mengenal kata lelah, pantang menyerah dan tidak berhenti bekerja sebelum target tercapai dan tujuan tercapai. Orang-orang yang bekerja keras akan sangat bersemangat dan berusaha semaksimal mungkin untuk meraih hasil yang baik dan maksimal seperti apa yang mereka targetkan.

Sedangkan, kerja cerdas adalah kegiatan kerja yang berfokus pada hal-hal yang paling penting atau signifikan. Dikarenakan kerja cerdas itu lebih berfokus pada hal yang lebih penting, maka kerja cerdas ini memiliki prinsip, “bagaimana kita bisa bekerja dengan hasil yang jauh lebih baik, namun usaha yang dikeluarkan tetap sama atau hasil yang sama dengan usaha yang lebih ringan”. 

Bekerja secara cerdas juga dibutuhkan demi meraih work-life balance yang banyak diidamkan oleh pekerja.

Kebanyakan para pemimpin, manajer atau bos memang jauh lebih suka para karyawan yang bekerja keras. Akan tetapi, percaya atau tidak kita bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih banyak dan maksimal dengan bekerja secara cerdas loh! 

Bagaimana cara kerja Kerja Keras? Ketika kita melihat seseorang yang bekerja secara gigih, ulet bahkan sampai begadang tengah malam di kantor dan membawa tugas-tugas kantor ke rumah untuk dikerjakan. Ditambah lagi waktu di akhir pekan yang tetap diisi dengan kegiatan bekerja yang tiada habisnya, kita bisa menyebut semua rangkaian kegiatan kerja itu sebagai KERJA KERAS. 

Sedangkan untuk Kerja Cerdas, strategi kerja cerdas ini tidak akan sama dengan strategi kerja keras. Target kerja yang diharapkan bisa saja sama, namun cara kerja, perjuangan yang diberikan, waktu kerja yang digunakan mungkin akan sangat berbeda.  Kerja cerdas selalu menggunakan waktu yang lebih sedikit, perjuangan yang tidak lebih banyak dan cara kerja yang lebih simpel dibandingkan dengan kerja keras. 

Kesimpulannya berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh seorang ekonom di Universitas Stanford John Pencavel menunjukkan bahwa ketika individu bekerja lebih dari 50 jam dalam seminggu, maka produktivitas yang dimilikinya akan menurun. Dari hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa ketika kita bekerja keras, ini sama saja seperti membuang-buang waktu. Analoginya, sudah capek-capek bekerja keras dengan mencurahkan waktu kerja yang lebih, eh produktivitas kita malah menurun, bukannya tambah meningkat.