Tips & trik

Tips Pakai Google Maps Saat New Normal

Penerapan new normal saat ini membuat sebagian kecil masyarakat mulai beraktivitas seperti biasa. Mendukung jaga jarak sesuai anjuran pemerintah, Google Maps bisa digunakan untuk menerapkan social distancing.

Salah satu fitur Google Maps yaitu memberikan informasi mengenai keramaian di lokasi-lokasi tertentu yang sering kali dikunjungi oleh orang-orang, seperti stasiun dan halte yang dipakai oleh para pengguna transportasi umum alias para komuter. Data ini dikumpulkan Google dari penggunanya yang ada di titik tersebut, lengkap dengan waktunya.

Tentunya hal ini akan sangat berguna jika masyarakat hendak pergi ke suatu tempat dan bisa merencanakan waktu yang tepat untuk bepergian menggunakan KRL ataupun Transjakarta, utamanya untuk mengoptimalkan social distancing.

Untuk mengakses fitur ini, pengguna perlu masuk ke lokasi stasiun atau halte yang dituju. Kemudian pada pilihan overview atau ringkasan akan muncul informasi berupa grafik yang menunjukkan kapasitas keramaian di lokasi tersebut.

Informasi yang ditampilkan mengenai kepadatan di lokasi tersebut hadir dalam bentuk live atau terkini sehingga keakuratannya dapat dikatakan sangat tepat dan benar.

Data ini dikumpulkan secara anonim dari pengguna yang menyalakan Google Location History, yang secara default dimatikan di ponsel Android. Google hanya membagikan data kepadatan ini jika mereka mempunyai data yang cukup dari jumlah pengguna tertentu.