Informasi

Keen : Jejaring Sosial Berbasis Minat Pengguna dari Google

Keen adalah aplikasi baru di Google Play Store yang telah dikembangkan oleh tim Google.

Aplikasi ini muncul setelah CJ Adam, salah satu pendiri Keen dan istrinya, memperhatikan perilaku ketika mereka menghabiskan banyak waktu luang dengan menelusuri feed di media sosial.

Setelah itu tercetuslah ide untuk mengumpulkan ide, tautan, dan hal lainnya berdasarkan minat dan hobi mereka sendiri lalu membiarkan mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk kepentingan bersama.

Lalu Adam membawa gagasan tersebut ke tim Area 120 Google dan bekerja sama dengan tim Google lainnya bernama People dan AI Research (PAIR) yang berfokus pada penelitian dan pengembangan sistem pembelajaran di mana Keen dibuat.

Di Keen yang merupakan aplikasi website dan Android pengguna dapat mengatakan apa yang dilakukan dalam menghabiskan waktunya dan kemudian membuat konten dari web dan orang yang dipercayai untuk membantu mewujudkan konten tersebut.

Lalu membuat ‘Keen’ yang bisa mengenai topik apa saja, misa seperti memanggang roti lezat di rumah, masuk ke pembuatan minuman bir atau meneliti tipografi.

Dengan Keen memungkinkan membuat pengguna membuat konten yang disukai, membagikan koleksi kepada pengguna lain , dan menemukan konten baru berdasarkan apa yang telah pengguna simpan.

Versi singkatnya adalah pengguna membuat ‘Keen’ untuk setiap minat dari pengguna dengan memberi judul, menambahkan konten sendiri, dan mengatur Keen dengan rapi di profil. Pengguna juga dapat mengundang teman untuk berkolaborasi dan berbagi ide, bahkan membangun komunitas di sekitar tujuan dan minat bersama.

Pengguna Android dapat mencoba Keen melalui Google Play Store. Sementara untuk versi iPhone belum direncanakan.

Sumber detikinet