Informasi

Waspada! Pencurian Uang melalui Google Calender

Dizaman yang serba modern ini berbagai cara jahat dilakukan para scammer untuk mengambil keuntungan dari para pengguna internet.

Dilansir Minggu (23/6/2019), scammer secara otomatis menambahkan undangan ke jadwal Google calender user, meskipun user belum merespon undangan tersebut. Nantinya undangan tersebut akan memberikan notifikasi kepada user.

Scammer menggunakan fitur ini untuk mendapatkan data perbankan dari user. Baik dari kartu kredit, nomer rekening Bank ataupun data pribadi penting lainnya.

Pada agenda tersebut dituliskan pengguna telah memenangkan hadiah dan harus melaporkan nomor ID untuk bisa membawa pulang hadiah. Agenda juga diberikan tautan yang berisikan formulir untuk mengirimkan informasi pribadi pengguna.

Para scmamer pun bisa membuat pemberitahuan muncul beberapa kali hingga tombol diklik oleh pengguna. Dan, karena pemberitahuan berasal dari aplikasi buatan Google, maka banyak pengguna yang akan terkecoh keasliannya.

Agar tak menjadi korban, berikut ada cara agar informasi perbankan kamu terlindungi.

  1. Pertama buka Google.com/calendar dari browser di desktop.
  2. Lalu klik di sisi kanan layar atas ada ikon roda gigi kemudian pilih pengaturan.
  3. Kemudian pilih pengaturan Event. Di bawah opsi “Secara otomatis menambahkan undangan,” ubah pengaturan menjadi “Tidak, hanya perlihatkan undangan yang telah saya balas.”
  4. Lalu, gulirkan sedikit ke bawah bagian dan centang “tampilkan acara yang ditolak,” hal tersebut akan mencegah undangan palsu muncul meskipun kamu telah menolaknya.
Sumber : detikinet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *