Tips & trik

Tips Supaya Jualan Laku Keras

Sekarang ini e-commerce sedang naik daun, tetapi bagaimana jika sudah memiliki toko online (jualan online) di sebuah e-commerce, namun produk sulit terjual.

Alih-alih berfikir untuk menambah produk atau merubah produk yang di jual, bisa jadi tampilan foto produk yang kurang menarik perhatian pembeli menjadi penyebabnya.

Bagi mereka yang menyediakan gambar tambahan lewat fitur slideshow dapat meningkatkan tingkat konversi penjualan hingga 65 persen. Hal ini menunjukkan pembeli online menganggap foto produk tetap lebih penting dibandingkan informasi, ulasan, dan penilaian produk.

Agar usaha kamu laku keras, berikut tips dari Zilingo untuk membuat katalog produk lebih menarik dan menggoda mata pembeli.

1. Tampilkan sisi terbaik dari produk

Saat berbelanja online, pernahkah kamu berharap dapat membalik gambar produk untuk melihat sisi lain dari produk tersebut?

Mengambil sudut pandang pelanggan, pikirkan sisi mana dari produk kamu yang paling mereka minati. Menyediakan foto produk dari berbagai sisi, khususnya untuk item fashion dalam sebuah katalog sangat penting untuk memastikan pelanggan atau calon pembeli memahami betul keunggulan produk yang Anda tawarkan.

Selain semua sisi (depan, samping, dan belakang), foto close-up juga diperlukan untuk menampilkan detail kain, bahan, dan pola jahitan yang ada.

Melalui layanan katalognya, Zilingo Marketing Services menangkap setiap detail produk dan memastikan foto produk memiliki kualitas terbaik dalam mendukung aktivitas pemasaran.

2. Gunakan latar belakang kreatif

Pilihan warna latar belakang sangat penting saat menentukan tampilan keseluruhan suatu produk.

Zilingo Marketing Services ditunjang dengan para fotografer, creative director, serta stylist berpengalaman serta lebih dari 65 warna latar belakang yang dapat disesuaikan dengan kategori produk.

3. Pencahayaan baik

Kondisi pencahayaan yang baik meningkatkan suasana pemotretan secara menyeluruh dan menempatkan produk dalam sorotan sehingga memungkinkan pelanggan untuk memiliki gagasan yang jelas bagaimana produk terlihat di kehidupan nyata.

Jadi, pastikan ada banyak cahaya terang dan alami di foto Anda untuk hasil terbaik. Pastikan sudut pencahayaan tidak menghasilkan bayangan, dan jika ragu, selalu gunakan warna yang lebih cerah, ketimbang gelap.

Namun berhati-hatilah untuk tidak mengekspos produk secara berlebihan.

4. Tentukan atribut yang seragam

Kamu pasti ingin menyajikan foto produk sebagai sebuah koleksi. Pastikan setiap produk memiliki ukuran yang sama dan setiap foto diambil dengan gaya yang sama pula.

Pastikan foto memiliki pola yang sama sesuai dengan kegiatan branding dan pesan perusahaan kamu. Apabila memadai, pilih satu tempat di kantor atau gudang sebagai latar belakang tetap guna menjaga konsistensi foto di seluruh lini produk.

5. Periksa kembali hasil katalog

Sebelum kamu mengunggah hasil foto katalog ke e-commerce pilihan kamu, perhatikan kembali katalog secara seksama. Hal ini terdengar sederhana, namun langkah tambahan ini dapat membantu mendeteksi hal yang mungkin kamu lewatkan.

Meninjau hasil foto itu lagi sebelum diunggah membantu memastikan bahwa foto produk tidak buram, tidak di tengah atau overexposed, tetapi sesuai dengan harapan.

Selain layanan fotografi dan videografi untuk katalog produk, Zilingo Marketing Services juga menawarkan akses mudah ke layanan yang diperlukan seperti model, penata rambut, penata rias, dan penata mode (fashion stylist).

Layanan pemasaran lain yang disediakan antara lain pembuatan video profil perusahaan dan pabrik, desain promosi kreatif, pemasaran media digital dan sosial, perencanaan dan manajemen acara, serta pengembangan dan manajemen situs web.