Tips & trik

Tips Saat Transaksi Online

Pandemi virus corona masih belum berakhir, yang menimbulkan fenomena beralihnya jual beli manual kedigital yaitu jual beli online perlu disikapi dengan bijak.

Mulai dari transaksi jual beli online yang membutuhkan pengetahuan yang cukup agar transaksi berjalan lancar. Tidak semua orang mampu memahami proses transaksi yang benar. Sebab semua proses transaksi memiliki risiko masing-masing.

Alih-alih mendapatkan barang yang diinginkan, bila tidak hati-hati maka justru hal buruk yang akan menimpa.

Agar tetap aman saat melakukan transaksi online, harap perhatikan beberapa hal berikut seperti dilansir dari detikinet ini.

1. Jangan Memberikan Identitas Apapun Kepada Orang Lain

Ini adalah hal yang sangat penting, jangan pernah memberikan informasi apapun seperti nama, nomor kontak, alamat email, hingga informasi penagihan ke orang lain. Selain itu, jangan pula berikan kode verifikasi saat hendak login ke akun e-commerce kepada orang lain karena banyak orang yang tertipu setelah membagikan kode verifikasi ini ke pihak yang tak dikenal.

2. Jangan Sembarang Membuka Tautan

Bila menemukan tautan-tautan yang mencurigakan, terutama yang tidak menggunakan HTTPS, hati-hatilah sebelum membukanya, karena ada potensi tautan tersebut memiliki virus yang dapat membobol informasi pribadi Anda.

Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat bertransaksi online agar tetap aman dan menghindari tindakan kejahatan yang tidak diperlukan. Bertransaksilah pada situs e-commerce terpercaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Misalnya seperti melalui Shopee karena di Shopee memiliki sistem keamanan terintegrasi karena telah mengikuti standar keamanan internasional ISO 27001 untuk menjamin keamanan privasi data penggunanya, termasuk juga untuk sistem keamanan pada metode pembayaran ShopeePay.

ShopeePay sebagai fitur layanan uang dan dompet digital terintegrasi di Indonesia yang terdapat di dalam aplikasi Shopee hadir sebagai metode pembayaran yang aman dan efektif untuk pengguna dengan dapat digunakan pada ribuan merchants yang tersebar di sekitar 200 kota di seluruh Indonesia, dengan kesempatan atas berbagai promo menarik di setiap program dan transaksi yang dilakukan oleh pengguna ShopeePay.

3. Transaksi Pada Situs yang Menggunakan HTTPS

Hindari transaksi pada situs yang hanya menggunakan HTTP, pilihlah situs yang menggunakan HTTPS (tersertifikasi SSL) karena situs ini lebih terlindungi dari peretas dan penjahat cyber potensial.