Tips & trik

Tips Mengatur Keuangan Yang Bergaji UMP

Pandemic COVID-19 menyebabkan beberapa daerah tidak akan ada kenaikan upah untuk tahun 2021. Hal ini tentunya memberikan pengaruh terhadap perilaku mengelola manajemen keuangan yang baik dan sehat, khususnya dengan gaji bulanan yang tidak terlalu besar.

Apabila dikelola dengan baik dan benar, maka anda masih bisa memenuhi kebutuhan hidup. Oleh sebab itu tidak ada alasan untuk tidak bisa menabung dan berinvestasi bagi anda yang mendapat gaji/upah minimum provinsi UMP).

Financial Management Behavior ini terbagi menjadi tiga hal utama, nah apa saja, yuk kita simak bahasan berikut ini:
1. Pertama adalah Konsumsi, yakni pengeluaran oleh rumah tangga atas berbagai barang dan jasa

2. Kemudian Tabungan, yakni bagian pendapatannya yang tidak dikonsumsi oleh sebuah rumah tangga pada suatu periode tertentu

3. Terakhir Investasi, yakni mengalokasikan atau menanamkan sumberdaya saat ini (sekarang), dengan tujuan mendapatkan manfaat (di masa datang).

Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan gaji dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) dengan mempertimbangkan Financial Management Behavior berbasis Locus of Control Internal oleh masing-masing Individu?

Hal pertama yang wajib Anda lakukan untuk mengatur keuangan adalah mulailah membuat anggaran keuangan. Anggaran ini perlu Anda atur berdasarkan pengeluaran harian, mingguan, dan bulanan Anda.