Tips & trik

Tips Mengatasi Lupa Password di Mac

Ketika Anda lupa password Mac Anda, apa yang harus Anda lakukan? Tenang, jangan khawatir, disini mari kita membahas bagaimana cara mengatasi Mac yang lupa password. Dengan pengaturan default, Anda cukup mencoba masuk ke Mac Anda. Jika gagal, Anda akan dapat mengatur ulang kata sandi Anda dengan ID Apple Anda. Tetapi ini tidak akan selalu berhasil.

FileVault adalah fitur pengaman hard disk pada Mac kamu, disediakan gratis dan sudah terinstall bersama OS X. Namun ia tidak otomatis diaktifkan, karena teknologi ini membutuhkan kesediaan pengguna untuk mengaktifkannya sendiri.

Jika Anda belum mengaktifkan disk FileVault, ada alat yang bisa untuk pengaturan ulang kata sandi yang mudah yang dapat Anda akses. Jika Anda telah mengaktifkan FileVault, Anda memiliki dua opsi potensial: ID Apple Anda dapat berfungsi jika Anda memilikinya, atau Anda dapat menggunakan kode sandi yang ditunjukkan kepada Anda setelah memulai proses enkripsi. Jika tidak ada yang berhasil, file Anda akan hilang karena Anda harus menginstal ulang macOS.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah Cobalah Masuk Sebagai Pengguna Lain

Jika Anda mempunyai lebih dari satu akun, cobalah masuk menggunakan akun pengguna lainnya untuk mengatasi Mac yang lupa password. Jika Anda mengizinkan akun lain untuk mendeteksi akun Mac Anda dengan kata sandinya, Anda akan bisa masuk dan mengakses desktop. Jika akun itu adalah akun Administrator, Anda dapat mengubah Passwod akun utama Anda.

Cukup buka System Preferences> Users & Groups, klik akun yang ingin Anda ubah kata sandinya, lalu klik tombol “Reset Password”.

Jika Anda tidak mempunyai Akun pengguna lain, maka metode apa yang Anda pilih untuk mendapatkan kembali akses ke Mac Anda bergantung pada apakah Anda mengaktifkan FileVault atau tidak.

1. Apa yang Harus Dilakukan Jika FileVault Anda Tidak Diaktifkan

Jika FileVault tidak diaktifkan, Anda dapat mengatur ulang kata sandi menggunakan ID Apple atau alat Pemulihan macOS.

Setel Ulang Kata Sandi Mac Menggunakan ID Apple

Trik ini hanya berfungsi jika Anda mengaitkan akun Mac Anda dengan ID Apple, dan FileVault tidak diaktifkan. Ini adalah opsi default. Jika Anda mengaktifkan FileVault, Anda harus mencoba salah satu opsi lain yang akan kita bahas nanti dalam artikel ini.

Jika Anda lupa kata sandi, coba masukkan kata sandi salah tiga kali di layar masuk. Setelah tiga jawaban yang salah, Anda akan melihat pesan “If you forgot your password, you can reset it using your Apple ID“.

Klik tombol dan masukkan detail ID Apple Anda untuk mereset kata sandi Anda.

Buat kata sandi baru, dan berikan petunjuk baru. Perhatikan bahwa Anda kemungkinan akan kehilangan akses ke Keychain Anda karena itu masih menggunakan kata sandi lama Anda.

2.  Apa Yang Harus Dilakukan Jika Anda Memiliki FileVault Diaktifkan

Jika FileVault diaktifkan, Anda dapat mencoba mengatur ulang kata sandi menggunakan ID Apple atau kunci pemulihan FileVault Anda. Jika itu tidak berhasil, Anda mungkin terpaksa menginstal ulang macOS.

Atur Ulang Kata Sandi Menggunakan ID Apple atau Recovery Key

Jika Anda memiliki enkripsi disk FileVault diaktifkan dan diikat ke ID Apple, ini semua bekerja sedikit berbeda: Anda tidak akan melihat prompt seperti yang di atas, tidak peduli berapa kali Anda salah memasukkan kata sandi.

Jika Anda menggunakan ID Apple dengan akun Anda, Anda akan melihat prompt setelah satu menit. Ini akan menjadi teks di bagian bawah layar, dan itu akan memberitahu Anda untuk menahan tombol power Anda untuk mematikan Mac Anda. Hidupkan Mac Anda kembali setelah melakukan ini, dan Mac Anda akan boot ke Recovery Mode, langsung membuka alat pemulihan kata sandi.

Jika Anda memiliki ID Apple yang dikaitkan dengan akun Anda, Anda akan diminta untuk kredensial Anda, dan Anda dapat mengatur ulangnya jika perlu.

Jika Anda tidak memiliki ID Apple yang terikat pada akun Anda, Anda tidak perlu memulai ulang Mac Anda untuk menggunakan alat ini. Sebagai gantinya, Anda dapat memasukkan Recovery Key Anda langsung ke prompt kata sandi layar login. Ini selain kata sandi adalah satu-satunya hal yang dapat mendekripsi file yang tersimpan di Mac Anda dan memberi Anda akses ke sana.

Dengan anggapan Anda memiliki Recovery Key ini, Anda dapat mengetikkan kunci pemulihan ke dalam bidang kata sandi pada layar login. Ini mendekripsi penyimpanan Mac Anda dan masuk Anda. Setelah Anda masuk, Anda dapat mengubah kata sandi dari alat “Users & Groups” yang biasanya di jendela “System Settings“.

Instal ulang macOS

Jika Anda mengatur enkripsi FileVault dan Anda tidak bisa mendapatkan akses ke akun Anda misalnya, jika Anda memilih untuk menyimpan kunci pemulihan secara lokal dan salah menempatkannya, Anda tidak akan lagi memiliki akses ke file apa pun di Mac Anda. Mudah-mudahan Anda memiliki salinan cadangan file-file ini di tempat lain karena aslinya dienkripsi dan tanpa kata sandi atau kunci pemulihan, Anda tidak dapat mengaksesnya.

Untuk melakukan ini, reboot Mac Anda dan tahan Command + R saat boot. Ini membawa Anda ke mode macOS Recovery khusus. Klik opsi “Reinstall macOS“, dan kemudian pergi melalui proses instalasi untuk menginstal ulang macOS.

Jika Anda tidak dapat mengingat kata sandi ID Apple Anda, situs web Apple menawarkan alat pengaturan ulang kata sandi ID Apple yang mungkin dapat membantu.

Sumber : Allteknow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 4 =