Tips & trik

Tips Menabung Jangka Panjang

Menabung adalah salah satu cara agar kita bisa mengumpulkan uang untuk jangka panjang tetapi tidak sedikit pula yang gagal dalam menabung.

Perlu ketekunan dan perhatian khusus dalam setiap membelanjakan uang karena jika tidak, tabungan tersebut akan sangat lama tercapai, bahkan bisa-bisa tidak terwujud sama sekali. Nah berikut kami sajikan tips menabung dari iNews.id :

1. Tetapkan Target Menabung

Setiap orang biasanya lebih termotivasi untuk melakukan sesuatu jika memiliki tujuan. Begitu pula halnya dengan menabung. Anda akan termotivasi jika memiliki rencana-rencana yang hendak dicapai di masa datang. Dengan demikian, Anda sadar bahwa tujuan menabung untuk mencapai rencana finansial yang telah disusun.

Untuk tabungan jangka panjang sendiri, Anda harus menargetkan secara konkret tujuan menabung, misal untuk membeli rumah, tabungan dana haji, atau mungkin modal menikah dan lainya. Jika target sudah jelas, Anda akan selalu termotivasi untuk segera meningkatkan jumlah tabungan tersebut.

2. Kendalikan Pengeluaran

Setelah menargetkan tujuan menabung, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencatat pengeluaran. Mulai dari belanja bulanan, biaya transportasi, cicilan kendaraan, biaya sekolah anak, atau biaya nongkrong. Usahakan lakukan transaksi cashless dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit untuk memudahkan pembukuan, jadi Anda tidak perlu mencatat secara manual.

3. Susun Anggaran

Jika sudah mengetahui pengeluaran rutin setiap bulan, mulailah menyusun anggaran dan sesuaikan dengan penghasilan. Dengan menyusun anggaran, Anda bisa membatasi jumlah maksimal pengeluaran dan memiliki pos kebutuhan bulanan. Karena itu, dari susunan anggaran tersebut, Anda akan tahu berapa jumlah yang bisa segera ditabungkan.

4. Tentukan Prioritas

Setelah mengetahui target menabung dan berhasil mengendalikan pengeluaran, serta menyusun anggaran dengan benar, Anda sudah bisa menentukan prioritas. Sebagai contoh, tabungan dana pendidikan kuliah anak akan dipakai dalam jangka waktu yang lama. Sementara dalam waktu dekat, Anda butuh membeli mobil. Jadi, untuk saat ini Anda bisa menabung untuk DP mobil lebih banyak ketimbang untuk biaya pendidikan anak.

5. Pilih Produk Keuangan yang Tepat

Tempatkanlah tabungan pada produk keuangan yang sesuai dengan periode rencana Anda. Adapun untuk rencana jangka panjang, tepat untuk ditempatkan di reksa dana atau saham. Sebab, dengan begitu Anda tidak hanya menyimpan uang, namun membuat uang tersebut berkontribusi dalam meningkatkan jumlah tabungan dalam jangka yang panjang.

6. Buat Opsi Menabung Otomatis

Hal ini bisa dilakukan dengan autotransfer dari satu rekening ke rekening lain yang Anda alokasikan untuk menabung. Opsi menabung otomatis berguna agar Anda disiplin menyisihkan sebagian penghasilan setiap bulan untuk menabung. Autotransfer juga bisa meredam keinginan belanja impulsif, alias keinginan yang tidak terencana.

7. Evaluasi Tabungan

Jika Anda sudah mulai menabung, jangan lupa pula untuk mengevaluasi kinerja masing-masing produk keuangan yang Anda miliki. Pastikan produk-produk tersebut mendatangkan imbal hasil yang dapat membantu Anda mencapai rencana masa depan. Karena itu, dengan rajin meninjau serta mengevaluasi produk tabungan Anda, target menabung jangka panjang tersebut akan sangat mungkin untuk tercapai.