Tips & trik

Tips Kompres Foto Tanpa Mengurangi Kualitas

Mengoleksi foto di album ponsel sudah menjadi kebiasaan dimasa ini, ditambah apabila seseorang mempunyai hobi selfie menggunakan kamera ponsel yang langsung otomatis tersimpan dalam ponselnya.

Namun sayangnya, kapasitas ponsel terbatas, lalu bagaimana cara mengkompres foto agar kapasitas fotonya menjadi rendah?

Jangan khawatir, karena kalian bisa mengompres foto tersebut untuk mengecilkan ukurannya tanpa perlu mengurangi kualitasnya. Berikut adalah tiga cara mudah mengompres foto :

1. Cara Kompres Foto di Ponsel Android

Salah satu aplikasi kompres foto yang mudah dan banyak digunakan adalah Photo Compress & Resize yang dikembangkan oleh Lit Photo.

Untuk menggunakannya pertama kalian harus mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store. Setelah proses download dan instalasi selesai, buka aplikasi tersebut.

Di halaman depan pilih menu Compress Photos. Pilih foto yang kalian inginkan, dan kalian bisa memilih hingga 100 foto sekaligus untuk dikompres.

Setelah selesai memilih foto klik tanda centang yang ada di sisi kanan atas aplikasi. Kalian diberikan dua opsi kompresi yaitu mengecilkan foto berdasarkan kualitasnya atau ukurannya.

Jika kalian memilih opsi kualitas, geser slider yang ada hingga persentase kualitas yang diinginkan. Semakin besar persentasenya, semakin besar juga ukuran dan kualitasnya, begitu pula sebaliknya.

Jika kalian memilih opsi ukuran, kalian bisa mengecilkan ukuran sesuai dengan ukuran spesifik, misalnya 200 KB. Kalian cukup menggeser slider yang ke angka 200 KB.

Jika kualitas dan ukuran sudah sesuai keinginan klik Start Compressing. Tunggu beberapa saat dan foto kalian akan otomatis tersimpan di folder LitPhoto yang bisa diakses di Gallery atau file manager.

2. Cara Kompres Foto Online

Untuk mengompres foto secara online hal pertama yang harus kalian lakukan adalah buka situs https://imagecompressor.com/id/ lewat browser pilihan. Klik opsi Unggah File yang ada di tengah layar dan pilih foto yang ingin kalian kompres. Atau kalian juga bisa drag-and-drop foto langsung dari file manager ke browser.

Kalian bisa mengompres hingga 20 foto sekaligus. Foto yang sudah kalian pilih akan otomatis diunggah dan dikompres. Tunggu beberapa saat hingga proses unggah dan kompres selesai.

Setelah proses ini selesai, kalian bisa langsung mengunduh foto yang sudah dikompres. Tapi jika kalian ingin merasa ukurannya masih tidak sesuai keinginan, kalian bisa scroll ke bawah dan mengubah level kompresinya.

Kalian akan melihat dua versi foto yaitu yang belum dikompres dan yang sudah. Di sebelahnya terlihat slider indikator kualitas foto yang bisa kalian naikkan atau turunkan sesuai keinginan.

Jika ukurannya sudah sesuai dengan keinginan kalian, klik Unduh Semua untuk mengunduh foto-foto kalian ke PC atau ponsel.

3. Cara Kompres Foto di PC Windows

Cara ini cocok untuk kalian yang sedang bekerja di depan komputer tapi tidak terhubung dengan internet. Kalian juga tidak perlu mengunduh aplikasi apa-apa karena akan menggunakan aplikasi Photos bawaan Windows.

Pertama-tama cari dan pilih foto yang kalian ingin kompres di file manager. Setelah itu klik kanan di foto yang diinginkan, pilih Open With di menu kemudian pilih opsi Photos.

Setelah foto kalian terbuka di Photos, klik tiga titik yang ada di sisi kanan atas layar. Setelah itu akan muncul drop down menu dan klik Resize.

Kemudian pilih ukuran yang kalian inginkan. Ada tiga pilihan ukuran yaitu Small, Medium dan Large. Setelah memilih ukuran yang diinginkan, akan muncul window Save As untuk menyimpan foto kalian.

Pilih folder tempat penyimpanan sesuai keinginan kalian, masukkan nama baru foto tersebut, kemudian pilih Save.

Sumber : detikinet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + two =