Tips & trik

Tips Hindari Phishing di Facebook dan Instagram

Phishing adalah serangan siber, yakni ketika seseorang berpura-pura menjadi orang lain dan berusaha menipu. Korban pun menyerahkan informasi pribadi.

Dalam kasus ini, penipu biasanya mengirimkan email yang seolah berasal dari Facebook atau Instagram dengan menyertakan logo, sehingga pengguna kesulitan mengidentifikasi keasliannya.

Lantas, langkah apa yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari aksi phishing di Facebook dan Instagram? Berikut adalah tips yang dibagikan Facebook dalam keterangannya.

Jika kamu pernah menerima email yang mengaku dari Facebook, pengguna harus mengecek kebenarannya dengan memeriksa email terbaru yang dikirimkan oleh Facebook.

1. Facebook

– Buka aplikasi Facebook di smartphone kamu

– Klik ikon garis tiga di kanan bawah aplikasi Facebook

– Gulir (scroll) ke bagian bawah menu dan pilih Pengaturan & Privasi > Pengaturan > Keamanan dan Login

– Gulir (scroll) ke bagian bawah menu, cari menu Tingkat Lanjut > Lihat email terbaru dari Facebook

Pada menu ini, Facebook akan menampilkan email terbaru tentang keamanan akun, misalnya permintaan untuk mengubah kata sandi, dalam dua minggu terakhir di tab Keamanan. Sedangkan email terbaru lainnya yang dikirim oleh Facebook dapat dilihat di tab Email lainnya.

Pastikan pengguna menghindari mengklik tautan atau link di dalam email yang mengaku dari Facebook sebelum kebenarannya diperiksa melalui tahapan di atas.3 dari 3 halaman

2. Instagram

Untuk membantu mengidentifikasi email phishing dan spam, pengguna bisa melihat email resmi dari Instagram yang juga dikirim dalam 14 hari terakhir pada menu Pengaturan. Caranya:

– Buka aplikasi Instagram di smartphone

– Klik ikon Profil, lalu klik ikon garis tiga di kanan atas aplikasi Instagram

– Pilih Pengaturan > Keamanan

– Pilih Email dari Instagram

Pada menu ini, Instagram akan menampilkan email terbaru tentang keamanan akun, contohnya permintaan untuk mengubah kata sandi dalam dua minggu terakhir di tab Keamanan.

Sementara, email terbaru lainnya yang dikirim oleh Instagram dapat dilihat di tab Email lainnya.

Selain itu, pesan Instagram resmi terkait keamanan akun hanya akan dikirim ke alamat email kamu yang terdaftar, bukan dikirim via Direct Message.

Sumber : LIPUTAN6