Tips & trik

Tips Hemat di bulan Ramadhan

Berbagai harga barang kebutuhan pokok melonjak ketika memasuki bulan ramadhan. Pengeluaran kita menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Belum lagi kalau ada tawaran berbuka puasa di luar dengan sampul “reuni”, yang tadinya kita berpikir bisa menghemat pengeluaran karena intensitas makan berkurang malah kecolongan dengan berbagai hal yang di luar dugaan kita.

Akan tetapi, bukan hal yang mustahil juga untuk mengendalikan pengeluaran selama bulan puasa agar tetap berada di dalam track normal. Ada beberapa trik dan tips yang akan dapat Anda gunakan untuk bisa mengendalikan pengeluaran selama bulan ramadhan. Berikut ulasannya:

1.Belanja dalam jumlah besar

Berbelanja dalam jumlah besar sesungguhnya bisa menghemat pengeluaran Anda. Jika sebelumnya Anda terbiasa untuk berbelanja sekali dalam seminggu, cobalah untuk berbelanja dalam jumlah besar dan sekali selesai. Penghematan yang Anda dapatkan sebetulnya akumulasi dari beberapa hal. Pertama, dengan belanja dalam jumlah besar dan sekaligus, Anda tidak harus membayar ulang uang parkir maupun mengeluarkan biaya bensin lagi. Kedua, toko selalu memberikan harga lebih murah pada barang yang dibeli dalam jumlah besar. Ketiga, tenaga Anda bisa digunakan untuk mengerjakan keperluan lainnya.

2. Kurangi kegiatan berbuka di luar rumah

Tahan godaan untuk berbuka bersama di bulan ramadhan. Kalau Anda tidak bisa menahan godaan tersebut dan mengiyakan semua tawaran, jangan heran jika di akhir bulan Anda hanya bisa berteriak maupun menangis karena pengeluaran Anda menjadi berkali-kali lipat lebih besar dibanding bulan biasa.

Pilih-pilih tawaran yang ingin Anda datangi. Itu hanya undangan, bukan sebuah pengumuman rapat tahunan. Anda tidak diwajibkan untuk datang. Jangan menjadikan undangan ini sebagai beban bahwa Anda harus turut hadir dan berpartisipasi.

3. Buat cemilan sendiri

Cara berhemat lainnya adalah membuat camilan sendri, biasanya banyak pedagang yang menjajakan makanan di sepanjang jalan, biasanya banyak orang yang akan lapar mata. Kalau tidak tahan, akhirnya kue tersebut dibeli tanpa tahu siapa yang akan menghabiskannya nanti. Memang pada bulan seperti ini, hal-hal biasa cenderung terlihat sebagai godaan. Hal ini juga berdampak pada pengeluaran Anda.

4. Jaga kualitas dan pola makan

Kekeliruan yang banyak dianut oleh masyarakat kita sekarang ini adalah mengistimewakan puasa. Artinya, kita kerap kali membuat puasa sebagai hal yang perlu dirayakan, misalkan dengan cara berbuka bersama teman di restoran elit yang menyediakan makanan mahal. Bila Anda menancapkan paham yang seperti ini, jangan harap pengeluaran Anda bisa dikontrol.

5. Manfaatkan promo dan diskon

Bagi Anda pengguna kartu kredit dan debit, momen seperti ini tentunya akan sangat menguntungkan Anda karena biasanya bank justru akan memberikan promo dan diskon guna merangsang transaksi konsumen dengan kartu kredit. Jangan ragu untuk memanfaatkan hal ini, bisa jadi Anda justru mendapat cashback yang bisa dimanfaatkan bulan depan atau pada saat memenuhi kebutuhan lain yang mendesak.

6. Sesuaikan kebutuhan dengan kemampuan

Salah satu cara merayakan kemenangan setelah satu bulan penuh melawan hawa nafsu adalah mengenakan baju baru di hari raya. Anda tidak akan sulit menemukan berbagai promo yang dilakukan toko untuk menarik minat konsumen agar membeli produk mereka. Boleh saja membeli baju baru, asalkan Anda tetap memperhitungkan kemampuan dana Anda supaya tidak sampai harus berhutang demi terlihat keren di mata sanak saudara dan tetangga.

7. Pentingnya Kontrol Diri

Beberapa tips di atas bukan tidak mungkin gagal dalam implementasinya. Hal ini dikarenakan kontrol diri yang tidak cukup kuat menjadi pemicu Anda gagal dalam menghemat pengeluaran selama bulan Ramadhan. Tetap tenang dan cerdas dalam berbelanja serta memilah tawaran buka bersama adalah salah satu kunci suksesnya.

Sumber : <a href=”https://www.cermati.com/artikel/mau-hemat-di-bulan-ramadhan-ikuti-6-cara-ini” target=”_blank”>cermati</a>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − eight =