Tips & trik

Tips Hemat Baterai Smartphone saat Mati Lampu

Pemadaman listrik massal se-Jawa dan berjam-jam pada Minggu (4/8/2019) hingga Senin (5/8/2019) memiliki dampak yang besar bagi pengguna smartphone. Ya, kunci dari pemakaian smartphone adalah pada baterainya. Nah, saat mati lampu tentu penggunanya harus pintar-pintar hemat baterai smartphone.

Agar tidak cepat kehabisan baterai saat mati listrik, simak tips berikut untuk menghemat baterai smartphone kalian seperti yang dirangkum  detikINET.

1. Batasi Aplikasi di Background

Aplikasi di smartphone tetap aktif di background walaupun sudah kalian keluarkan. Untuk itu, kalian bisa membatasi aplikasi tertentu agar tidak berjalan di background caranya dengan masuk ke aplikasi Settings, kemudian Apps, pilih aplikasi yang ingin dibatasi, kemudian pilih Battery dan pilih opsi Restrict in the Background.

Jika ingin lebih praktis, kalian bisa mengunduh aplikasi Greenify. Aplikasi ini berfungsi untuk ‘menidurkan’ aplikasi kalian agar tidak memakan baterai.

2. Gunakan Mode Power Saving

Cara paling mudah untuk menghemat baterai smartphone kalian adalah dengan mangaktifkan mode Power Saving. Mode ini bisa membatasi kinerja prosesor dan menurunkan tingkat kecerahan layar di smartphone, sehingga tenaga yang tersisa di baterai difokuskan untuk fungsi-fungsi yang penting saja.

Cara mengaksesnya di setiap smartphone mungkin berbeda, tapi pada umumnya kalian bisa mengaktifkan mode ini dengan masuk ke aplikasi Settings kemudian Battery, atau Settings kemudian Device maintenance kemudian Battery.

3. Aktifkan Airplane Mode

Mati listrik yang melanda di sejumlah wilayah di Jakartsa dan sekitarnya juga berimbas pada koneksi seluler dan data. Untuk menjaga baterai kalian tetap hemat, coba aktifkan Airplane Mode atau matikan koneksi data agar smartphone kalian tidak terus mencoba mencari jaringan dan menguras baterai.

Jangan lupa matikan juga fitur konektvitas lain yang tidak diperlukan seperti Bluetooth, GPS, dan Wi-Fi.

4. Kurangi Waktu Mengunci Layar

Layar merupakan bagian smatrtphone yang paling banyak menggunakan daya. Untuk itu semakin cepat layar kalian terkunci dan tidak menyala, baterai kalian akan menjadi lebih awet. Atur waktu kunci layar kalian menjadi sesingkat mungkin, misalnya 15 detik.

5. Matikan Getaran

Untuk membuat smartphone kalian bergetar ketika mendapat notifikasi ternyata membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit. Hal ini karena perangkat kalian harus menggerakkan motor khusus untuk membuat smartphone bergetar. Jadi sangat disarankan untuk menonaktifkan getaran jika ingin menghemat baterai.

6. Gunakan Wallpaper Gelap

Jika smartphone kalian menggunakan layar AMOLED, menggunakan wallpaper berwarna gelap atau hitam bisa membuat smartphone kalian menjadi lebih awet. Karena, layar AMOLED membutuhkan tenaga paling sedikit untuk diaktifkan.

Kalau kalian menggunakan smartphone Samsung dengan One UI, kalian bahkan bisa mengaktifkan Night mode yang membuat semua sistem di smartphone berwarna hitam.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 2 =