Tips & trik

Tips dan Trik Facebook Ads 2021

Facebook merupakan platform media sosial dengan 2,23 miliar pengguna aktif per bulannya. Hal ini tentunya merupakan peluang emas bagi para marketer atau pengusaha untuk mempromosikan bisnis di Facebook. 

Ketika membahas masalah bisnis, iklan (Ads) adalah elemen yang sangat penting supaya brand kamu dikenal masyarakat luas.

Facebook Ads merupakan satu dari serangkaian opsi platform periklanan yang bisa kamu coba. Ia memiliki 3 keunggulan diantaranya :

  • 26% pengguna Facebook yang telah mengklik iklan pasti membeli sesuatu.
  • 93% pemasar media sosial bersikeras menggunakan iklan Facebook berbayar, diikuti oleh 73% di antaranya menekankan pentingnya Instagram.
  • Pengeluaran iklan kasar untuk Facebook mencapai $ 25,56 miliar Dollar pada tahun 2019.

Nah berikut tips dan trik berikut supaya iklanmu efektif di tahun 2021 :

  1. Lakukan Analisa Sebelum Menentukan Tujuan Kampanye

Sebelum mulai berkampanye iklan difacebook, melakukan analisa kompetitor adalah cara terbaik dan merupakan tips terbesar beriklan disana.

Terutama menyangkut hal kreatifitas, coba lihat seperti apa tampilan iklan kompetitor kamu ? dan jenis promosi apa yang mereka jalankan ?

Kemudian cari tahu iklan seperti apa yang kamu suka, lihat lagi apa yang bisa produk atau jasa kamu tingkatkan, dan barulah menentukan target audiens seperti apa yang sesuai untuk kriteria kamu.

  1. Lacak Penjualan, Berhenti Fokus Pada Metrik Yang Tidak Perlu

Klik, Share, dan Like adalah bentuk bukti sosial yang memang amat penting. Tetapi pada akhirnya tidak akan berarti apa-apa kalau tidak membawa profit untuk bisnis kamu.

Ketiga hal tersebut memang penting, tetapi tidak perlu difokuskan 100% kesana, melainkan kepada penjualan yang kamu hasilkan dari iklan.

3. Video Ads

Tahukah kamu bahwa konten iklan berbasis video mendapatkan Leads sebesar 66% setiap tahunnya ? Video Ads merupakan iklan yang sangat efektif bila dibandingkan dengan jenis media iklan lainnya.

Jadi mulai sekarang, saat akan membuat sebuah iklan, jangan lupa untuk memikirkan pula seperti apa tampilannya dalam format video. Proses ini tidak terlalu sulit, cara melakukannya sama halnya seperti saat kamu membuat iklan bergambar.

  1. Optimasi Peletakan Iklan (Ads Placement)

Faktanya hanya sedikit orang saja yang tahu pentingnya menentukan letak iklan di Facebook. Di Facebook Ads, terdapat 3 jenis peletakan iklan dengan fungsi dan tampilan yang berbeda-beda. Lengkapnya yaitu :

Desktop News Feed

Merupakan opsi yang paling cocok misalkankan ini pertama kalinya kamu memasang iklan di Facebook. Digunakan untuk tujuan konversi dan menarik engagement yang tinggi.

Dekstop Right Column

Dibuat untuk tujuan pemasaran Retargeting atau Remarketing. Sangat cocok untuk membuat orang-orang yang pernah terlibat dengan bisnismu agar lebih mengenal produkmu.

Mobile

Umumnya difokuskan untuk pengguna seluler (Mobile) dengan tujuan memperkenalkan hal-hal baru dan produk kamu supaya lebih dikenal.

  1. Lakukan A /B Testing

A/B Testing yaitu kegiatan menguji coba 2 versi iklan yang berbeda dan melihat mana yang memiliki performa paling bagus.

Dalam beriklan di Facebook Ads maupun platform lain, A/B testing sangatlah penting. Sebab dengannya kita menjadi tahu mana versi iklan yang benar-benar disukai pelanggan dan membawa konversi penjualan.