Tips & trik

Tips Bisnis Online Tanpa Modal

Selain untuk memudahkan berkomunikasi dan segala hal, internet kini sangat berguna dalam dunia bisnis dan terutama bisnis online.

Bisnis online sekarang menjadi trend karena memang bisa dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun asalkan memiliki perangkat yang terhubung dengan internet.

Ada banyak bisnis online tanpa modal di internet yang di tahun 2020 ini masih sangat menjanjikan baik dijadikan sebagai pekerjaan utama anda atau pekerjaan sampingan. Tidak harus punya modal yang besar dulu, hanya dengan kemauan yang kuat di dukung laptop yang memadai, maka anda sudah bisa menghasilkan uang dari rumah. Berikut adalah bisnis paling menjanjikan di tahun 2020;

MENJADI WEB DEVELOPMENT

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, banyak pelaku bisnis yang membuat website untuk meningkatkan penjualannya. Tidak hanya pelaku bisnis online, website juga dibutuhkan lembaga sosial, sekolahan, atau instansi pemerintah untuk mengenalkan mereka serta layanan yang mereka tawarkan.  

Permintaan membuat website semakin ke sini juga semakin meningkat. Ini bisa menjadi peluang tersendiri bagi anda, hanya bermodalkan laptop yang memadai serta kemampuan programming yang berkompeten, tentunya akan memudahkan anda menjalankan bisnis web developer ini.  Untuk awal anda bisa ikut agensi web developer, atau anda langsung bisa membuka jasa sendiri dengan menawarkan jasa anda di social media, atau melalui web-web yang menghubungkan klien dengan pekerja. 

Bayaran yang akan anda terima pun juga bisa bervariasi tergantung pada jenis web yang anda kerjakan bahkan bisa sampai ratusan juta rupiah untuk satu website. 

 JASA DESAIN GRAFIS

Bisnis Online tanpa modal lainnya ialah membuka jasa desain grafis. Desain grafis saat ini dibutuhkan oleh banyak orang, baik itu perusahaan, lembaga, maupun instansi pemerintahan. Hampir semua memerlukan jasa desain grafis ini. Bisnis jasa desain grafis ini mencakup cukup banyak hal seperti pembuatan spanduk, flyers, banner, kartu nama hingga logo perusahaan.

Seperti halnya dengan bisnis online yang lain, untuk memasarkannya, anda bisa menggunakan social media atau langsung menggunakan website resmi yang menghubungkan anda dengan klien secara langsung. Namun pastikan anda juga sudah mempersiapkan portofolio yang menarik untuk dijadikan bukti ketika klien meminta contoh desain.

Pendapatan bisnis online ini juga sangat menjanjikan bahkan jika anda tekuni bisa mencapai ratusan juta rupiah. Namun tetap harus dengan kerja keras serta kesabran.

MENJADI PENULIS LEPAS

Bisnis online tanpa modal pertama yang bisa anda pilih ialah dengan menjadi penulis lepas. Bisnis ini sangat cocok bagi anda yang ingin mencari penghasilan tambahan dari rumah. Modal yang dibutuhkan pun juga tidak besar, hanya laptop yang memadai serta pastikan anda juga mempunyai kemampuan yang mumpuni. Anda sudah bisa beriklan dan mengerjakan proyek artikel dari klien.

Bisnis ini termasuk bisnis yang masih menjanjikan di tahun 2020. Hal tersebut karena setiap hari pertumbuhan blog, website dan platform lainnya yang semakin banyak. Itu sangat berpengaruh pada banyaknya artikel yang dibutuhkan. Blog memang membutuhkan artikel sebagai konten yang akan meningkatkan trafik pengunjungnya.

Biasanya pelaku bisnis blog atau website ini mempunyai kata kunci artikel yang ditargetkan yang mana biasanya menjadi petunjuk bagi penulis untuk menuliskan artikel yang menarik serta seo-friendly sesuai dengan kata kunci tersebut. Tidak semua pelaku bisnis online ini bisa menulis artikel yang berkualitas, maka tak jarang mereka menggunakan jasa content writer untuk membantu-nya.