Tips & trik

Tips Aman Belanja Online

1. Lihat ulasan toko

Sebelum memutuskan untuk berbelanja daring, cek terlebih dahulu kredibilitas toko. Periksa ulasan dari orang-orang yang pernah berbelanja di online shoptersebut. Hal ini bisa diketahui dari rating toko, kolom ulasan, dan kolom komentar di media sosial.

Cari referensi sebanyak mungkin sebelum memutuskan berbelanja di toko tersebut.

2. Waspada Harga Sangat Murah

Periksa pula harga yang ditawarkan oleh toko daring. Selalu curiga jika toko tersebut menawarkan harga yang terlalu murah dan jauh dari harga rata-rata di pasaran. Jika harga terlalu murah, ada kemungkinan produk palsu atau tidak orisinal.

3. Pilih toko yang direkomendasikan

Pilih-lah toko daring yang sudah direkomendasikan oleh orang lain seperti teman maupun dari e-commerce. Beberapa platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan lainnya memberikan label toko rekomendasi atau toko berbintang untuk para penjual. Toko-toko ini umumnya sudah terpercaya dan memiliki banyak pelanggan tetap

4. Baca Deskripsi Produk

Jika sudah memastikan reputasi toko dan harga produk terbilang wajar-wajar saja. Baca deskripsi produk dengan saksama.

Pertama, sesuaikan judul dengan deskripsi yang ada di halaman produk. Pastikan nama barang, varian, spesifikasi hingga kelengkapan yang ditawarkan sudah sesuai.

Jika informasi kurang lengkap, kamu bisa menanyakan langsung ke penjual melalui fitur pesan.

5. Simpan Bukti Pembayaran

Setelah berhasil melakukan transaksi pembayaran, simpan bukti pembayaran baik-baik. Ini mungkin saja diperlukan apabilan terjadi hal-hal yang tidak diperkirakan sebelumnya.