Informasi

Tabel Excel Bakal Bisa Dibuat dari Foto

Microsoft mengumumkan akan menambahkan fitur baru untuk aplikasi excel mobile untuk Android dan iOs. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk membuat tabel dari menjepret foto.

Fitur ini bekerja menggunakan kecerdasan buatan dan teknologi pengenalan gambar.

Mekanismenya sederhana, pengguna cukup memotret gambar tabel yang tercetak di sebuah media (buku misalnya) dengan ponsel Android atau iOS, dan foto tersebut akan dikonversi menjadi tabel utuh di aplikasi Excel secara otomatis.

Pengguna pun bisa mengedit tabel tersebut sesuai kebutuhan. Mereka bisa menambah rincian data, menghitung menggunakan rumus, atau membuat rincian lain seperti tabel pada umumnya.

Sehingga dengan fitur ini, pengguna tidak perlu repot-repot mengetik dan membuat tabel secara manual. Pasalnya fitur ini bisa mengidentifikasi seluruh tulisan dan angka yang ada pada gambar secara otomatis.

Dikutip dari The Verge, Senin (4/3/2019), fitur ini akan dirilis untuk pengguna Excel di perangkat Android serta iOS, dan akan tersedia untuk pelanggan Microsoft 365.

Kendati demikian tidak dijelaskan kapan fitur ini akan mulai digelontorkan. Microsoft sendiri akhir-akhir ini memang tengah gencar memperbarui aplikasi Micoroft Office miliknya.

Beberapa fitur pun telah ditambahkan, salah satunya adalah fitur keamanan agar aplikasi tak mudah diserang virus atau diretas.

Bahkan khusus untuk pengguna PC, Microsoft memperkenalkan aplikasi online Office ke Windows 10.

Aplikasi memungkinkan pengguna mengakses dokumen dalam format Word, Excel, PPt melalui satu aplikasi yang terintegrasi.Aplikasi ini juga hadir secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun, kecuali kuota internet untuk mengaksesnya.

Sumber : KOMPAS.TEKNO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *