Informasi

Pelanggan e-Commerce Alami Kenaikan 38,3% Selama Pandemi

Jumlah pengguna belanja E-commerce mengalami peningkatan 38, 3 persen selama pandemi Covid-19. Data tersebut sesuai catatan yang dilaporkan Exabytes, perusahaan penyedia layanan hosting di Indonesia.

Registrasi domain .ID sepanjang April hingga Juni 2020 meningkat 23%. Mayoritas domain .id dan co.id untuk keperluan bisnis. Hal ini menguatkan bukti bahwa banyak orang yang sadar untuk membangun bisnis online dibandingkan tahun lalu

Menurut Indra kenaikan pelanggan e-Commerce juga tidak terlepas dari perilaku konsumen selama masa pandemi. Saat ini orang-orang lebih memilih berbelanja online karena tidak bisa beraktivitas di luar rumah.

“Bila tadinya belanja online merupakan pilihan, tapi kini menjadi keharusan. Ini yang membuat e-commerce menjadi pilihan yang dituju oleh konsumen,” kata Indra.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta juga mengatakan bahwa transaksi E-commerce naik sebesar 26 persen.

Kemudian peningkatan transaksi harian juga meningkat hingga 4,8 juta dan persentase konsumen baru hingga 51 persen selama masa pandemi.

Menurut Exabytes, pertumbuhan E-commerce yang naik pesat disebabkan oleh perubahan perilaku konsumen yang memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berbelanja online terutama di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Baca selengkapnya di detikinet