Informasi

Maksimalkan PSBB, Kominfo Rilis 1000 Mesin Pintar

Dalam rangka mendukung gerakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan 1.000 unit Mesin Pintar Akses Untuk Bangsa di Jakarta pada hari ini, Senin (4/5/2020).

Mesin tersebut nantinya akan mengurangi interaksi antara kasir dengan pembeli ketika melakukan pembelian di toko ritel, pembayaran listrik, dan pembelian obat.

Sebanyak 1.000 mesin pintar disebarkan di daerah rawan Covid-19 seperti di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok, Bandung, Bali dan Sidoarjo serta beberapa kota lainnya. Tepatnya di lokasi strategis ritel dan apotik.

Dalam pelaksanaan PSBB, Pemerintah menyampaikan narasi tunggal kepada masyarakat agar mematuhi protokol dasar dalam memutus rantai penyebaran Covid-19, yaitu tetap tinggal di rumah, menjaga jarak aman, selalu cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker dan menjaga kesehatan diri dan lingkungan sekitar.

Mesin pintar Akses untuk Bangsa juga berfungsi mempercepat penyampaian informasi yang benar dari Pemerintah mengenai Covid-19 dan bagaimana mengatasi penyebarannya.

Mesin pintar Akses untuk Bangsa menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR). Setiap mesin pintar memiliki dua fitur utama untuk akses dan informasi. Fitur akses membantu untuk mengurangi interaksi antara orang per orang di masa Covid-19 serta konsultasi dengan Artificial Intelligence mengenai Covid-19. Adapun fitur informasi mencakup informasi Chatbot Covid19.go.id, aplikasi Peduli Lindungi dan aplikasi 10 Rumah Aman.

Menteri Kominfo menyampaikan terima kasih kepada pihak yang ikut berkolaborasi untuk mengembangkan mesin pintar Akses untuk Bangsa.