Gaya hidup

Khasiat Teh untuk Kesehatan

Khasiat Teh untuk Kesehatan

1. Mencegah Penyakit kanker
Antioksidan dalam teh membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel sehat. Radikal bebas di tubuh memiliki efek negatif penyebab penyakit degeneratif kronis seperti kanker. Sebuah penelitian terhadap suatu populasi penduduk menghubungkan kebiasaan minum teh bergaris lurus dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, dimana kedua jenis teh hijau dan hitam memiliki manfaat menghambat sel kanker.

2. Membantu menurunkan berat badan
Minum teh tanpa tambahan gula ataupun susu mampu meningkatkan metabolisme tubuh dengan mudah dan meningkatkan proses thermogenesis (pembakaran lemak). Dengan minum 5 – 7 cangkir teh sehari dapat membantu membakar 70 sampai 80 kalori.

3. Menurunkan Resiko penyakit Jantung
Penelitian telah membuktikkan bahwa meminum teh hitam benar-benar mampu melindungi Anda dari penyakit jantung. Teh meningkatkan aliran darah dalam arteri sehingga mengurangi risiko penggumpalan darah. Teh juga kaya anti-oksidan, yang membantu dalam mencegah penyakit jantung koroner. Disamping itu teh memiliki kandungan flavonoid, quercetin, kaempferol dan myricetin yang fungsinya menurunkan risiko serangan jantung. Minum teh juga membantu mengurangi tekanan darah dan kekakuan arteri yg pada akhirnya meningkatkan kesehatan organ jantung.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Para peminum teh memiliki sel kekebalan yang merespon lima kali lebih cepat dibandingkan orang yg meminum kopi. Teh hijau (Green tea) juga kaya akan anti-oksidan yang mampu meningkatkan mekanisme kekebalan tubuh dan melindungi tubuh terhadap virus, penyakit mikroba bakteri dan lainnya.

5. Mencegah kerusakan gigi
Meminum teh secara teratur membantu memperkuat gigi dan menurunkan risiko kerusakan gigi. Ini terjadi karena Teh mengandung fluoride, mineral penting yang diperlukan untuk kesehatan gigi. Selain itu, teh juga mengandung anti-oksidan yang melawan bakteri dan penyakit gusi.

6. Rehidrasi tubuh
Lupakan minuman kesehatan yang sering bermunculan di iklan TV yang mengklaim mampu merehidrasi cairan tubuh secara alami karena minuman tersebut mengandung gula buatan, zat pewarna, dan perasa yg belum tentu baik untuk tubuh. Meskipun teh mengandung kafein namun kadarnya tidak terlalu banyak dan tidak akan membuat tubuh dehidrasi.

Sumber : https://tips-trik.net/manfaat-minum-teh-keuntungan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *