Informasi

Kenali USB Debugging dan Cara Kerjanya di Android

USB debugging pada dasarnya hanyalah cara untuk memungkinkan ponsel cerdas Android mentransfer informasi ke dan dari komputer, mungkin terdengar menakutkan tetapi tidak serumit kelihatannya.

Teknologi ini merupakan salah satu hal paling keren tentang Android karena memungkinkan Anda melakukan root pada perangkat Anda, memberikan perintah ADB, memperbaiki ponsel yang rusak dan lainnya. Kita kali ini akan menjelaskan dengan tepat apa itu dan bagaimana menggunakannya, seperti dilansir dari laman Androidpit, Jumat (7/6/2019).

1. Apa itu USB debugging?

Seperti namanya, debugging USB terkait dengan tindakan melacak bug melalui USB. Secara tradisional, pengembang aplikasi Android akan menggunakan proses ini untuk menguji perangkat lunak dan menemukan masalah menggunakan kit pengembangan Android Studio di komputer.

Saat ini, digunakan oleh pengembang dan pengguna Android untuk membantu dalam tugas-tugas seperti menginstal pemulihan kustom, rooting perangkat, menginstal ROM baru dan banyak lagi.

2. Bagaimana cara mengaktifkan debugging USB?

Untuk mengaktifkan USB debugging, pertama-tama Anda harus mengaktifkan menu ‘Opsi pengembang’ di Android (jika Anda belum melakukannya). Berikut langkah-langkah lengkapnya:

-Buka menu Pengaturan perangkat Anda

-Gulir ke bawah ke Tentang ponsel

-Ketuk Build number sekitar 7 kali hingga Anda melihat pesan konfirmasi

-Ketuk tombol kembali dan Anda akan melihat menu

-Opsi pengembang muncul di bagian bawah halaman pengaturan

-Ketuk padanya dan gulir ke bawah sampai Anda melihat USB debugging, tekan dan tekan Ok untuk mengaktifkannya.

Sumber : oketechno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 5 =