Informasi

Google Luncurkan Aplikasi Penelitian Medis

Google mengumumkan bahwa mereka meluncurkan aplikasi penelitian medis baru untuk ponsel Android. Aplikasi ini memungkinkan siapa saja yang memiliki perangkat dapat berpartisipasi dalam penelitian medis.

Aplikasi ini dinamai Google Health Studies yang akan meneliti penyakit terkait pernapasan seperti flu dan COVID-19. Peserta yang tergabung dalam penelitian ini akan menggunakan aplikasi seperti melaporkan gangguan pernapasan apapun gejalanya, tindakan pencegahan penyakit dan apakah gejala tersebut terkonfirmasi COVID-19 atau flu biasa.

Aplikasi ini nantinya akan mengumpulkan data demografik, seperti usia, jenis kelamin, dan ras.

Aplikasi akan mengirimkan data ke peneliti menggunakan teknik yang disebut pembelajaran federasi, yang akan mengumpulkan tren gabungan dari beberapa perangkat, dibandingkan dengan menggunakan informasi dari setiap peserta secara individual.

Bekerja sama dengan Google Research, penelitian pertama ini akan menggunakan sistem pembelajaran federasi dan analitik, yaitu teknologi privasi yang menyimpan data seseorang di perangkat. Di sisi lain peneliti bisa menemukan hasil berdasarkan pembaruan gabungan yang dienkripsi dari banyak perangkat. Jadi para peneliti ini bisa memeriksa adanya hubungan antara mobilitas dan penyebaran covid-19.