Informasi

Google Jajal Teknologi Cahaya untuk Koneksi Internet

Alphabet adalah perusahaan induk Google. Baru-baru ini mereka mempunyai proyek baru yang bernama Project Taara, yang tengah menjajal teknologi penyebaran koneksi internet menggunakan cahaya.

Project Taara, sebelumnya bernama FSOC Project, digarap oleh divisi X dan saat ini tengah menjajal teknologi yang bisa mentransfer data menggunakan cahaya yang tak terlihat, dengan jarak mencapai 20 km.

Karena teknologi ini menggunakan cahaya untuk mentransfer data, maka alat-alatnya harus dipasang di tempat yang sangat tinggi untuk mengurangi kemungkinan tertutupkan jalur cahaya tersebut. Penempatannya bisa di atap rumah, tiang, atau menara.

Bandwidth yang maksimal yang bisa dicapai dengan teknologi ini juga tak main-main, mencapai 20Gbps. X, yang sebelumnya bernama Google X, bekerja sama dengan Econet dan anak usahanya, yaitu Liquid Telecom dan Econet Group.

Mereka ini menjajal Taara di Kenya, Afrika, untuk menyebarkan koneksi internet berkecepatan tinggi di daerah terpencil, di mana pembangunan infrastruktur telekomunikasi sangat mahal jika menggunakan teknologi konvensional seperti kabel fiber optik.

Alphabet pun mengajak operator telekomunikasi dan penyedia layanan internet lain untuk menghubungi mereka jika tertarik untuk mengimplementasikan Taara di jaringan milik mereka.