Informasi

Fitur Tambahan Google untuk Ramadhan dan Mudik Lebaran

Bulan Ramadhan sudah setengah bulan berjalan, Google akhirnya merilis beberapa fitur tambahan pada berbagai layanannya untuk melancarkan aktifitas di bulan Ramadhan. Lalu apa sajakah layanannya? Yaitu Google Search, Asisten, Play, Maps dan Duo.

Pada Google Search pengguna akan dimudahkan dalam melaksanakan ibadah dengan berbagai kata kunci terkait. Cukup dengan mengetikkan kata “Ramadhan”, “Bulan Ramadhan”, “Puasa” di Google Search maka akan muncul berbagai informasi yang berkaitan dengan kata kunci tersebut., termasuk jadwal shalat dan arah kiblat.

Tidak main-main, data jadwal shalat sudah disesuaikan dengan data dari Kementrian Agama, dan disesuaikan dengan lokasi pengguna.

Untuk Google Assisten, seperti mengatur alarm saat sahur, dengan menyampaikan perintah suara seperti  “Hidupkan Alarm pukul 3 pagi”. Sedangkan Google Play Store berbagi rekomendasi berbagai aplikasi termasuk gim, serta promo buku dan film selama Ramadan.

Kemudian, Google juga bekerja sama dengan Qraved untuk menghadirkan daftar “Restoran Untuk Bukber”, yang telah dikurasi sesuai lokasi terdekat pengguna.

Google juga memperkuat layanan Maps dalam rangka menyambut momen mudik. Raksasa mesin pencari ini bekerja sama dengan pemerintah untuk memperbarui berbagai informasi tentang rute terbaik, rest area, posko mudik, dan posko kesehatan.

Semua informasi tersebut dirangkum di dalam Maps dan infomudik.go.id pada tab “Mudik bersama Google”, yang mulai dapat diakses hari ini. Selama perjalanan mudik, pengguna juga bisa menyaksikan berbagai video pada tab “YouTube Creator on The Rise”.

Pada tab ini, berisi video-video dari YouTube yang tengah naik daun. YouTube Creator on The Rise ini tidak hanya ada selama Ramadan. Pengguna pun bisa memanfaatkan aplikasi video call, Google Duo, ketika Hari Raya Idul Fitri atau dalam berbagai kesempatan lain.

Aplikasi ini memiliki empat fitur baru, Group Call, Video Message, Data Saving Mode, dan Duo on Web.

Sumber : LIPUTAN6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 5 =