Tips & trik

Cara Membuat Pondasi Kuat dalam Mendirikan Startup

Cara Membuat Pondasi Kuat dalam Mendirikan Startup

“Do things that don’t scale” Sebuah konsep yang dibahas Paul Graham. sebuah kegiatan yang tidak akan menghasilkan “sesuatu” secara langsung, tapi akan menjadi fondasi kuat dalam mendirikan startup yang sukses. Berikut adalah beberapa jenis kegiatan yang dimaksud dengan “Do things that don’t scale”.

Merekrut pengguna
Tahap awal yang perlu kamu lakukan adalah mencari dan merekrut pengguna secara manual. Kamu tidak akan langsung memperoleh ribuan pengguna dengan melakukan hal ini. Lakukan secara konsisten dan terus menerus hasilnya sangat besar. Seperti kata pepatah: “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”.

Membuat pengguna senang

Langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan setelah merekrut pengguna secara manual adalah membuat mereka senang. ebagai contoh Wufoo — layanan pembuatan form — mengirimkan kartu ucapan terima kasih yang ditulis langsung kepada setiap pengguna baru yang mereka peroleh.

Sadar atau tidak hal ini merupakan keuntungan yang dimiliki startup dibandingkan perusahaan besar. Kamu mempunyai banyak cara dan waktu untuk membuat pengguna kamu senang. Sehingga mereka juga akan senang dengan produk kamu.

Fokus pada pasar yang kecil
Sesuatu yang besar berawal dari hal kecil. Begitu juga dengan pengguna dari produk kamu. Jadi pada tahap awal kamu harus fokus terhadap pasar yang kecil terlebih dahulu.

Menjadi konsultan
Langkah selanjutnya adalah membuat produk yang benar-benar diingikan oleh pengguna. Pertama kamu memilih salah satu pengguna dan anggap diri kamu sebagai konsultan yang sedang mengembangkan produk hanya untuk pengguna tersebut. Pengguna tersebut akan layaknya sebuah “cetakan” yang akan terus kamu perbaiki hingga mendapat bentuk tepat sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Dengan melakukan hal ini, secara tidak langsung kamu juga telah membuat apa yang orang lain inginkan.

Melakukan secara manual
Startup tahap awal tidak akan langsung memiliki teknologi yang canggih. Jadi saat kamu memiliki pengguna yang sedikit, ada baiknya kamu melakukan sejumlah hal secara manual sebelum nantinya dibuat secara otomatis.

Sumber : https://id.techinasia.com/tip-menumbuhkan-pondasi-kuat-dalam-mendirikan-startup

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × two =