Tips & trik

Cara Hapus Aplikasi Bawaan di Smartphone Android

Saat membeli smartphone Android yang baru saja kamu, tentunya banyak aplikasi bawaan untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Selain itu aplikasi default yang jarang digunakan tersebut hanya akan membuat sesak memori di smartphone. Ujung-ujungnya smartphone kamu jadi lemot.

Kondisi lainnya adalah apabila kamu memiliki lebih dari satu aplikasi yang memiliki fungsi sama, kamu dapat memilih aplikasi Android mana yang akan digunakan secara default.

Misalnya, jika kamu memiliki beberapa aplikasi pengeditan foto, kamu dapat memilih mana yang akan digunakan untuk membuka foto. Nah bagaimana cara menghapus dan mengatur aplikasi bawaan atau default di smartphone Android?

1. Buka menu Pengaturan (Settings).

2. Pilih Aplikasi & pemberitahuan (Apps & notifications).

3. Ketuk aplikasi yang tidak lagi kamu inginkan sebagai default. Jika kamu tidak menemukannya, ketuk Lihat Semua Aplikasi atau Info Aplikasi (See All Apps atau App Info).

4. Lalu, pilih Advanced dan Buka secara default, lalu Hapus default. Jika kamu tidak menemukan ‘Advanced’, ketuk Buka secara default dan kemudian Hapus default.

5. Setelah menghapus default, ketika kamu mengambil langkah itu lagi, smartphone akan menanyakan aplikasi mana yang akan digunakan.