Tips & trik

8 Tips Lebih Efektif Mengatur Waktu di Tempat Kerja

tips_17juni_id


Waktu adalah uang. Literally. Dari sisi perusahaan, kemampuan mengatur waktu akan meningkatkan kinerja pegawai dan berpengaruh langsung pada produktivitas perusahaan. Dari sisi pegawai sendiri, piawai mengatur waktu akan mempengaruhi keseimbangan hidup antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda.

Bicara manajemen waktu, konsep work smarter selalu lebih unggul dibanding work harder, jadi praktikkan tips-tips di artikel ini agar Anda selalu ‘bergelimang’ waktu di tempat kerja.

1. Buat Jadwal
Di pagi hari atau semalam sebelumnya, rencanakan apa saja yang akan Anda lakukan untuk keesokan hari, sesuai prioritas dan waktu yang dibutuhkan untuk masing-masing pekerjaan tersebut. Buat sebuah to-do list dan periksa progress Anda sepanjang hari.

2. Mulailah Lebih Awal
Mulailah dengan datang tepat waktu dan langsung bekerja segera setelah tiba di kantor. Waktu yang Anda buang-buang bersantai setengah jam akan Anda bayar di penghujung hari. Jangan sampai Anda terpaksa lembur hanya karena tidak memulai lebih awal.

3. Belajar Memprioritaskan Yang Terpenting
Selalu selesaikan porsi pekerjaan terpenting dan yang paling menghabiskan waktu dan energi di awal hari. Setelah selesai, Anda akan merasa lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya yang jauh lebih mudah.

4. Fokus Pada Satu Hal
Ketika Anda mengerjakan sesuatu, fokus saja pada satu pekerjaan itu. Bagaimana bila Anda perlu melakukan hal yang mengharuskan Anda mengerjakan beberapa hal sekaligus, alias multitasking? Misalnya, untuk menulis sebuah laporan, daripada berganti-gantian browsing, menulis, browsing, menulis, lebih baik selesaikan browsing dan mengumpulkan semua materi yang Anda butuhkan, kemudian fokus pada menulis laporan, agar titik fokus Anda terjaga.

5. Singkirkan Pengalih Perhatian
Matikan notifikasi untuk semua media sosial Anda, atau lebih baik lagi, aktifkan airplane mode selama jam kerja. Jika pekerjaan Anda berhubungan dengan media sosial, jadwalkan waktu untuk mengecek update yang masuk bila Anda sedang perlu mengerjakan tugas lain.

6. Tetapkan Deadline
Baik pekerjaan maupun meeting, selalu targetkan untuk menyelesaikan tugas dan tiba di tempat beberapa menit sebelum waktunya untuk menghindari hal-hal yang tidak terduga. Ini juga akan memberi Anda waktu ekstra untuk mengecek ulang. Selalu tetapkan deadline untuk segala hal yang Anda lakukan, bahkan bila sebetulnya tidak ada batasan waktu dari atasan.

7. Manfaatkan Akhir Pekan
Tunggu dulu! Sebelum Anda marah-marah, sedikit kerja di akhir pekan akan meringankan beban pekerjaan Anda secara keseluruhan sepanjang minggu. Bukan pekerjaan berat kok, hanya hal-hal kecil saja.

8. Gunakan Jam Sebagai Supervisor Anda
Letakkan sebuah jam di hadapan Anda, pasang timer, atau kenakan sebuah jam tangan, agar Anda benar-benar sadar waktu tanpa perlu mengecek ponsel dan terdistraksi hal lain. Sensasi dikejar-kejar deadline ini akan memicu adrenalin Anda dan meningkatkan efisiensi kerja.

Dikutip dari: http://www.qerja.com/journal/view/116-8-tips-lebih-efektif-mengatur-waktu-di-tempat-kerja/2/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + sixteen =