Tips & trik

7 Tips ala Start-Up untuk Online Shop

Baru-baru ini banyak perbincangan tentang salah satu drama korea (Drakor), yaitu Start-Up. Drakor Start-Up berkisah tentang seorang pemilik usaha bernama Seo Dal Mi yang diperankan oleh Bae Suzy, seorang mahasiswi yang bekerja paruh waktu dan punya mimpi untuk menjadi seperti Steve Job. Setelah drop out dari kampusnya, Dal Mi pun ingin membangun perusahaannya sendiri dan membutuhkan biaya 90 ribu dolar AS sebagai modal usaha.

Selain bercerita tentang Dal Mi, drakor ini juga menceritakan tentang Nam Do San yang diperankan oleh Nam Joo Hyuk, seorang pria pendiri startup bernama Samsan Tech. Sayangnya, perusahaannya tak pernah menguntungkan sehingga berdampak buruk pada reputasinya sebagai pengusaha.

Kemudian, ada kisah dari seorang pengusaha lain bernama Han Ji Pyung yang diperankan oleh Kim Seon Ho, seorang pimpinan SH Venture Capital yang berkeinginan mendirikan startup untuk melunasi hutang. Ia memiliki keahlian investasi yang tinggi sehingga dijuluki Gordon Ramsay dari Korea.

Banyak pelajaran dari drama Start-Up baik itu tentang investasi, saham maupun sikap dalam menggapai cita-cita yang dikemas secara apik oleh si penulis naskah.

Nah berikut adalah 7 tips dari drama Start Up yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan Online shop kamu :

1. Visioner

Kamu harus bisa melihat arah perubahan jaman. Seperti ayah Injae dan Dalmi yang sangat peka terhadap perubahan jaman dan punya rasa ambil bagian dalam perubahan besar kedepan

2. Hukum ” Sopo sing nandur bakale ngunduh ” (Tabur-Tuai)

Bersikaplah baik kepada customer kamu, barangkali nantinya kebaikan itu akan berbalik berkali-kali lipat untuk olshop-mu. Seperti nenek dalmi yang gak perhitungan dengan Ji Pyeong.

3. Full Skill

Gapapa kalau SKILL jualanmu belum sebanding dengan harapanmu, coba terus pantang menyerah sambil belajar untuk meningkatkan skill kamu. Kaya Dosan, Yongsan dan Chulsan yang udah punya skill masing-masing dalam merintis usahanya.

4. Berani Mencoba

Sering dengar kata “Coba aja dulu” yups usahakan semaksimal mungkin sambil jalan, maksimalkan ikhtiar karena usaha ga akan menghianati hasil. Yakan.

5. Keluar dari Zona Nyaman

Owner olshop harus punya mental seperti ini. Memang ga mudah tapi kalau kamu yakin dan serius pasti akan ada jalan. Seperti dalmi yang berani push herself to the limit.

6. Niat yang luas

Apa tujuan kamu berdagang? apakah hanya mengejar materi? profit? Harusnya bukan. Yuk ganti tujuanmu dengan bermanfaat, entah itu bermanfaat bagi keluarga ataupun orang di sekitar kamu. Kaya Noon Gil yang di ciptakan oleh Samsan Tech.

7. Teamwork

Kalau kamu baru merintis olshopmu dan mau scale-up hal yang kamu butuhkan adalah team, mentor dan bakhan investor.

Nah itu dia tips ala Drakor Start-Up untuk Olshop. Semoga bermanfaat ya.