Tips & trik

6 Resolusi Finansial di Tahun 2021

Awal tahun ini kita sudah di uji dengan berbagai macam bencana yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Tak apa, semoga hal itu bisa menjadi penguat buat kita untuk saling bantu dan bersatu.

Kini saatnya beranjak agar hidupmu naik ke level yang berikutnya, yang tentu butuh kerja keras lebih, kepercayaan diri serta konsistensi.

Satu hal yang lebih penting, yaitu Anda harus punya tujuan jelas untuk finansial Anda. Untuk itu lah, setiap tahun Anda wajib punya resolusi tahun baru yang ingin dicapai dalam hidup.

Nah berikut adalah referensi tahun baru yang mungkin bisa Anda jadikan referensi :

Coba Mulai Mencatat Anggaran

Mencatat Anggaran adalah hal sederhana namun sulit untuk konsisten. Padahal jika hal itu dilakukan, Anda bisa menarik kesimpulan dan mengeleminasi pengeluaran yang tidak diperlukan atau yang dirasa kurang bermanfaat setiap saat.

Melunasi Cicilan

Mulai tahun baru Anda dengan niat untuk melunasi semua cicilan satu persatu, agar kedepannya Anda bisa menjalani hari dengan tenang dan nyaman.

Anda juga bisa mengikis beban finansial sebelum Anda membuka pintu pintu pemasukan lainnya.

Menabung Lebih Banyak

Jika Anda sudah di tahap melunasi cicilan, hal selanjutnya yang Anda harus lakukan adalah menyisihkan uang lebih banyak. Anda bisa memulainya dengan menghemat anggaran belanja, dan juga tutup mata terhadap diskon yang menggiurkan.

Mulai Menyiapkan Dana Darurat

Tidak ada salahnya Anda mulai menganggarkan dana darurat setiap bulan, apalagi di masa pandemi seperti ini yang belum jelas akan selesai kapan.

Investasi Lebih Banyak

Jika Anda sudah mempunyai dana darurat tidak ada salahnya Anda memulai untuk berinvestasi. Anda bisa berinvestasi dengan tujuan membeli rumah untuk masa depan atau pensiun dini.

Siapkan Dana Pensiun

Menabung dana pensiun adalah aspek yang penting, Anda bisa memulainya sekarang walaupun dengan nominal yang kecil.

Seperti kata peribahasa sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit. Anda bisa memetiknya di kemudian hari.