Berita

5 Kesalahan Besar yang Pernah dilakukan Nintendo

Banner news 26 mei_id

Awal Maret 2017, Nintendo resmi meluncurkan konsol terbarunya yang bernama Switch. Tiga bulan usai peluncurannya, Nintendo Switch mendapatkan respon luar biasa dari banyak media dan pemain gim di seluruh dunia.

Meski begitu, perusahaan yang berbasis di Kyoto, Jepang ini ternyata juga pernah mengalami beberapa kegagalan yang cukup memalukan. Apa saja kesalahan dan kegagalan yang pernah Nintendo lakukan hingga saat ini?

1. Ikut Andil Penciptaan PlayStation
Ketika Nintendo sibuk dengan pengembangan N64, sebuah perusahaan kecil mengajukan kemitraan berpotensi keuntungan yang luar biasa bagi mereka berdua. Kabarnya, perusahaan kecil tersebut mengajukan ide untuk menggunakan kepingan CD (compact disk) yang di dalamnya tersimpan konten gim ketimbang harus menggunakan kartrid. Sontak, Nintendo pun langsung menolak ide tersebut. Ditolak “mentah-mentah”, perusahaan itu pun optimistis idenya lebih baik, dan memutuskan untuk membuat konsol gim mereka sendiri yang bernama PlayStation.

2. Telantarkan Fitur Online
Nintendo tidak terlalu fokus dengan konsep bermain gim secara online di konsol buatannya. Di saat SEGA meluncurkan layanan online pertamanya untuk Dreamcast, Nintendo menganggap konsep tersebut hanyalah momen sesaat. Namun, keputusan tersebut berbalik ketika Microsoft meluncurkan Xbox Live untuk konsol gim mereka.

3. Wii U
Terjual hingga 100 juta di seluruh dunia, tak dimungkiri konsol Wii merupakan salah satu konsol tersukses yang Nintendo punya. Dengan dukungan beberapa judul gim pihak ketiga, Wii menjadi konsol incaran gamer.
Meski masih belum mampu mengalahkan PlayStation 3 dan Xbox 360 dalam kemampuan hardware, Wii hadir sebagai konsol yang menyenangkan bagi semua pemain baik muda ataupun tua.
Tak ingin kehilangan momentum, Nintendo meluncurkan konsol penerusnya yang diberi nama Wii U. Sayang, Wii U kurang mendapatkan sambutan yang baik dari gamer.

4. Kehilangan Waralaba Final Fantasy
Bagi banyak gamer pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu seri Final Fantasy paling ternama dan fenomenal di PlayStation 1, Final Fantasy VII (FF7).
Tampil dengan gameplay dan cerita yang mengesankan dan luar biasa, Final Fantasy VII memasang standar tinggi bagaimana seharusnya sebuah gim RPG (role playing gaming) tampil.
Namun, tahukah kamu sebenarnya petualangan Cloud dkk ini rencananya dirilis untuk konsol Nintendo 64. Setidaknya itu rencana awalnya.

5. Virtual Boy
Bagi banyak gamer, sulit untuk melupakan betapa buruknya perangkat ini di pasaran ketika dirilis. Tak dapat dimungkiri, teknologi Virtual Reality (VR) saat ini memang sedang booming dan menarik banyak pengembang dan pengguna.Sayang, umur Virtual Boy pun tak berlangsung lama. Di Jepang, perangkat VR ini hanya bertahan hingga Desember 1995. Sementara, di Amerika Serikat rilis pada Agustus 1995 hingga Maret 1996.

Sumber dari : http://tekno.liputan6.com/read/2957840/5-kesalahan-besar-yang-pernah-nintendo-lakukan?medium=Headline&campaign=Headline_click_1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *