Winamp akan menjadi Pemutar Musik Serba Bisa

Bagi pemilik perangkat cerdas, dan sekaligus penikmat musik tentunya tidak asing dengan aplikasi pemutar musik Winamp. Jika aplikasi pemutar musik Winamp selama ini lebih dikenal debagai aplikasi media player yang terfragmentasi, kini Winamp akan memperkenalkan konsep baru dari pemutar musik jadulnya tersebut dengan konsep yang sama sekali baru. Di era streaming kini, Winamp akan memiliki pembaruan besar dalam aplikasinya.

Perusahaan pengembang aplikasi ini yakni Radionomy berencana untuk me-reboot layanan media player Winamp ini sebagai aplikasi “all-in-one” untuk desktop maupun smartphone, yang mencakup semua layanan ke dalam satu aplikasi antara lain misalnya podcast, daftar putar, streaming stasiun radio, dan sebagainya menjadi satu platform tunggal yang dapat dengan mudah Anda nikmati di Winamp. Menurut informasi yang diperoleh dari TechCrunch, pembaruan Winamp secara total ini akan diluncurkan pada tahun 2019.

Ia pun tak memberi keterangan apakah Winamp akan terintegrasi dengan Spotify, Apple Music, atau platform lain untuk menghadirkan layanan streaming.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Selasa (16/10/2018), Sanoundjian juga tidak menyebutkan lebih rinci kapan tanggal dan bulan Winamp versi baru ini akan diluncurkan. Winamp sendiri pertama kali dirilis pada tahun 1996. Kala itu Winamp menjadi layanan yang populer untuk memutar musik dan saluran radio. Pada Desember 2013 Winamp sempat mengucapkan salam perpisahan pada para penggunanya.

Winamp kalah bersaing dengan pemutar musik lainnya, termasuk layanan streaming musik Spotify yang mulai menggurita. Di tahun 2014 Radionomy kemudian membeli Winamp dan memberinya sedikit nafas. Tetapi setelah itu Winamp seolah hilang dari peredaran. Versi terakhir Winamp yang dirilis bertahun-tahun silam adalah Winamp 5. Besar kemungkinan versi baru yang akan dirilis tahun depan akan mengusung nama Winamp 6. Kita tunggu saja.

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 2 =