VAR, Teknologi Sederhana yang Guncang Piala Dunia

VAR, Teknologi Sederhana yang Guncang Piala Dunia

Video asisstant referee (VAR) merupakan sebuah sistem yang membantu wasit dalam mengambil keputusan pada pertandingan sepak bola. Piala Dunia 2018 di Rusia pun turut mengimplementasikan teknologi tersebut, sekaligus jadi momen perdana bagi VAR untuk diterapkan pada gelaran empat tahunan itu.

Lalu bagaimana cara kerja VAR di Piala Dunia 2018?

Mengenai penggunaannya, VAR di Piala Dunia 2018 difokuskan ke empat perkara, yaitu gol, penalti, kartu merah langsung, dan agar tidak salah membedakan pemain. Poin pertama sampai ketiga berangkat dari kontroversi yang sering menyelimuti sepak bola sampai saat ini, sedangkan yang keempat agar kesalahan wasit Graham Poll yang memberi tiga kartu kuning untuk pemain yang sama di Piala Dunia 2006 tidak terulang.

Berbeda dengan penyelenggaraan liga domestik atau Liga Champions, VAR di Piala Dunia 2018 disiarkan proses dan hasilnya dengan sangat detail. Berikut informasi tentang VAR :

1. Tanda VAR dari wasit

Proses pertama ketika hendak menggunakan VAR sebagai referensi mengambil keputusan. Wasit memberikan tanda dengan kedua tangannya yang membentuk persegi panjang, menyerupai bentuk layar yang akan digunakan untuk memantau tayangan ulang.

2. Menuju Referee Review Area (RRA)

Setelah memberi tanda akan melihat tayangan VAR, wasit berjalan ke pinggir lapangan, tepatnya, di tengah antara bench kedua kesebelasan. Area tersebut dinamakan Referee Review Area (RRA), sebuah area steril yang hanya boleh dimasuki oleh wasit. Di situ, wasit bisa dengan tenang melihat VAR untuk kemudian memberikan keputusan.

3. Bisa juga lewat earphone

Namun wasit tidak selalu harus menuju RRA untuk menggunakan VAR. Jika merasa tidak perlu melihat tayangan VAR, ia bisa berkonsultasi langsung dengan tim VAR melalui earphone. Nantinya informasi akan disampaikan secara lisan oleh tim VAR, sesuai apa yang mereka lihat dari tayangan ulang.

4. 8 orang di tim VAR

Ada 8 orang-orang di balik layar operasional VAR. Satu orang merupakan petugas utama VAR (duduk di tengah), yang dibantu tiga orang asisten (dua duduk di samping kirinya, dan satu berdiri di belakangnya). Kemudian 4 orang sisanya bertugas untuk memilih replay dari sudut kamera terbaik, untuk ditayangkan ke wasit pertandingan.

5. Seragam tim VAR

Meski bekerja di ruangan, tapi petugas VAR memiliki beban kerja dan tanggung jawab yang sama besarnya seperti wasit di lapangan. Oleh karenanya, petugas VAR juga dipilih dari kalangan wasit, dan berpakaian layaknya pengadil lapangan hijau. Pierluigi Collina selaku Ketua Komite Wasit berkata “Mereka (petugas VAR) tidak bekerja santai dengan duduk di sofa sambil minum kopi. Mereka juga punya tanggung jawab seperti wasit, jadi harus memakai seragam wasit.”

6. 33 layar di tim VAR

Untuk menjalankan tugasnya, tim VAR dibantu oleh 33 layar yang terdapat di kantornya. Masing-masing layar memberikan sudut pandang kamera yang berbeda-beda. 8 diantaranya memutar tayangan dengan Super Slow Motion, dan 4 lainnya memainkan Ultra Slow Motion. Ini menjadi tugas tim replay untuk memilih tayangan ulang yang terbaik.

7. Dikirim dari Pusat Penyiaran Internasional

Tim VAR tidak bekerja di stadion yang sama dengan digelarnya pertandingan. Mereka berkumpul di satu tempat yang sama selama Piala Dunia 2018, bernama Pusat Penyiaran Internasional, atau International Broadcast Center (IBC). Dari IBC, semua informasi tentang VAR disalurkan ke stadion-stadion pertandingan.

8. Tapi yang dilihat wasit bukan hanya replay

VAR memang berupa tayangan replay, tapi yang dilihat wasit di RRA tidak sepenuhnya tayangan ulang. Dalam membantu wasit, tim VAR juga menyediakan data berupa grafik menyangkut kejadian yang ditinjau wasit. Grafik tersebut bisa digunakan sebagai referensi untuk menjatuhkan putusan di lapangan.

9. Picture in Picture (PIP) di layar pertandingan

Untuk memperlihatkan cara kerja VAR di Piala Dunia 2018, setiap wasit melakukan peninjauan VAR layar pertandingan akan berubah menjadi Picture in Picture (PIP) yang terdiri dari tiga layar. Layar terbesar menunjukkan replay kejadian, sedangkan dua layar kecil menunjukkan gerak-gerik wasit serta ekspresi pemain atau ofisial kedua kesebelasan. Layar kecil juga berfungsi menunjukkan situasi di ruangan tim VAR.

10. Warna di layar VAR

Kita sudah melihatnya di tiga hari pertama. Ada sebuah layar di ruangan tim VAR yang berganti warna dari kuning, merah, dan hijau. Ketiganya memiliki arti masing-masing. Kuning berarti pertandingan dihentikan sementara karena wasit ingin melihat tayangan VAR, merah berarti informasi dari tim VAR diterima dan sedang dilihat oleh wasit, hijau berarti wasit memberi putusan berdasarkan data dari tim VAR.

11. Informasi keputusan VAR

Sesaat setelah wasit mendapatkan keputusannya berbekal data dari VAR, layar pertandingan akan menyediakan informasi mengenai keputusan yang diambil wasit. Kita bisa melihatnya di pojok kiri bawah layar, contohnya PENALTY-Foul jika wasit menjatuhkan hukuman penalti.

Sumber : FOOTBALLTRIBE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 19 =