Tips Silaturahmi Saat Lebaran

tips26juni_id

Merayakan hari raya atau lebaran identik dengan acara bersilaturahmi ke rumah sanak saudara. Dalam momen ini juga sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bisa lebih mengenal satu sama lain. Tujuan dari silaturahmi adalah untuk mempererat tali persaudaraan antar saudara satu sama lain, silaturahmi saat lebaran pun identik dengan saling memafkan serta melupakan segala permasalahan yang terjadi sebelumnya.
beberapa hal yang harus diperhatikan saat bersilaturahmi ke rumah orang lain, yaitu:

1. Menghargai yang punya rumah dengan menggunakan pakaian yang pantas serta tahu bagaimana cara membawa diri dengan baik.
2. Berikan senyuman saat mulai masuk ke rumah orang lain.
3. Jangan terlalu mendominasi pembicaraan saat berkunjung.
4. Bagi anak-anak dan remaja, sebaiknya memberi salam terlebih dahulu dengan yang lebih tua sebelum mengobrol dengan saudara lain yang seusia.
5. Sebaiknya jangan makan terlalu banyak, karena biasanya masih harus pergi ke tempat yang lain.
6. Saat pamit jangan lupa mengucapkan terima kasih pada tuan rumah, karena sudah diterima dengan baik. Jika berkunjung ke acara open house, tidak ada salahnya untuk mengucapkan terima kasih keesokan harinya melalui kartu atau pesan singkat.

Hendaknya saat berkunjung ke rumah orang lain, tidak menyinggung perasaan satu sama lain atau mengungkit-ungkit masa lalu yang bikin orang tersinggung. Karena tujuan dari silaturahmi adalah untuk saling memaafkan dan mererat persaudaraan. Suasana persaudaraan yang erat serta saling mengenal satu sama lain akan membuat silaturahmi menjadi lebih menyenangkan.

Sumber : https://health.detik.com/read/2009/09/20/121254/1207253/766/etika-silaturahmi-saat-lebaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =