Tips & trik

Tips menghindari skimming ATM

Tips menghindari skimming ATM

Indonesia dihebohkan dengan nasabah perbankan menyadari bahwa isi uang di rekening mereka telah terkuras.

Tindak kriminal skimming sebetulnya bukan sebuah metode kejahatan baru dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini.

Sekolah programming Refactory.id yang berbasis di Yogyakarta memberikan tips untuk mencegah ANda menjadi korban skimming ATM.

1.Lihat lokasi dan teliti melihat mesin ATM
Pilih tempat ATM yang tidak sepi dan dapat dijangkau orang. ATM Skimmer biasanya memilih ATM yang sepi dan tertutup. Periksa kembali alat scanner kartu dan keypad pada ATM.

Sebelum anda memasukkan kartu ATM, ada baiknya memeriksa tempat masuk kartu terhadap ada yang aneh atau tidak, seperti bekas lem atau tempat kartu yang tidak rapat. Periksa juga keypad atau tombol nomor yang ada di mesin ATM.

2. Melakukan uji coba dahulu
Anda bisa mengecoh sistem skimmer dengan memasukkan PIN yang salah saat memasukkan kartu ATM untuk pertama kalinya. Karena PIN salah, mesin ATM akan meminta anda kembali untuk memasukkan nomor PIN anda. Masukkan PIN yang tepat di percobaan kedua.

Hati hati, jangan sampai terlalu sering salah memasukkan PIN atau kartu Anda akan terblokir. Jangan lupa juga tutup rapat-rapat tangan Anda ketika memasukkan PIN. Hal ini menghindari kamera tersembunyi yang dipasang.

3. Alternatif lain untuk mengambil uang
Anda juga bisa memanfaatkan smartphone untuk mengambil uang. Beberapa ATM dan Bank di Indonesia saat ini telah memiliki sistem pengunaan mesin ATM tanpa kartu. Ada baiknya tanyakan pada customer service Bank mengenai fitur ini.

4. Manfaatkan fitur aplikasi perbankan di smartphone
Pada aplikasi perbankan resmi biasanya terdapat fitur notifikasi. Aktifkan fitur pemberitahuan atau notifikasi setiap transaksi keluar, sehingga Anda dengan cepat dapat memblokir dan melaporkan ke pihak Bank ketika terdapat transaksi yang mencurigakan.

Selalu update data bank Anda, dan jangan pernah beritahukan data tersebut ke orang lain. Tips terakhir ini mungkin banyak yang malas melakukannya.

https://www.medcom.id/teknologi/tips-trik/nN9DRd9K-cara-hindari-skimming-atm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *