Tips Menggunakan Google Search secara Maksimal

Tips Menggunakan Google Search secara Maksimal

Saat ini jutaan orang menggunakan google search setiap harinya dengan berbagai alasan. Dari anak sekolah, pebisnis, dan mayarakat umum. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa mesin pencari google sekarang menjadi sebuah kebutuhan. Dengan menggunakan search engine google ini, semua orang menjadi dimudahkan untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Meskipun tidak sedikit yang menggunakan mesin pencari google untuk kepentingan yang tidak baik, Namun sekarang kita tidak akan membahas kejahatan-kejahatan yang ada diinternet. Kita akan mengulas beberapa hal yang masih jarang orang tahu dalam menggunakan mesin pencarian google.

Berikut adalah 11 trik penelusuran Google untuk memaksimalkan pencarianmu!

1. Pakai tanda kutip (“…”)
Pemakaian tanda kutip berguna untuk mencari kalimat dengan kata-kata dan urutan yang sama sesuai dengan yang kita ketikkan. Contohnya saja kita mencari kalimat : “Ilmu komunikasi menurut Dedy Mulyana”, maka hasil pencarian yang akan keluar hanyalah yang berisi kalimat dengan urutan yang sama seperti yang kita ketikkan.

2. Gunakan tanda hubung (-) untuk mengecualikan kata-kata
Penggunaan tanda hubung disini bisa dipakai saat kita mau mencari tentang suatu hal, dan dalam pencarian kita itu kita mau mengecualikan suatu kata. Contohnya saat kita mau mencari tentang burung Phoenix, dimana Phoenix merupakan sebuah kota di Arizona. Agar pencarian kita tidak berisi tentang kota di Arizona itu, kita bisa mengetikkan di Google seperti ini : Phoenix -Arizona

3. Gunakan titik dua (:) untuk mencari hanya di situs tertentu
Mungkin ada saat di mana kamu perlu menggunakan Google Search untuk artikel atau konten di situs web tertentu. Disinilah titik dua sangat berguna. Contohnya adalah sebagai berikut:

Jika kita mau mencari tentang pemain bulu tangkis Indonesia Greysia Polii hanya di wikipedia. Yang kita ketikkan di Google Search : Greysia Polii site:wikipedia.org

4. Pakai tanda bintang (*) untuk mencari kalimat dengan beberapa kata yang hilang
Ada saatnya dimana kamu mendengar sebuah lagu yang enak di mall, dan ingin mencari lagu apakah itu. Selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa mengetikkan lirik lagu yang kamu dengan ke kolom pencarian Google. Lagunya tidak terdengar jelas? Tidak masalah! Ketikkan saja kata-kata yang kamu dengar, dan berikat tanda bintang untuk setiap kata yang kamu tidak bisa dengar.

Seperti ini contohnya : Come * right now * me

Hasil pencarian yang akan keluar adalah : Lagu The Beatles yang memiliki lirik Come together, right now, over me

5. Cari beberapa topik pencarian sekaligus
Google search sebenarnya sangat fleksibel. Kita bisa mencari dua topik bersamaan dalam satu kali pencarian. Seperti ini contohnya: “Cara terbaik untuk mempersiapkan wawancara kerja” OR “Cara mempersiapkan wawancara kerja”.

Dengan mencari seperti itu, kamu akan mencari kedua kalimat tepat seperti yang diketikkan. Itu bisa dilakukan dengan kata juga, seperti contoh: Cokelat OR Cokelat putih. Contoh seperti itu akan mencari halaman yang memiliki cokelat atau coklat putih!

6. Cari range angka
Tips ini mungkin tidak dipakai oleh banyak orang, tapi untuk menggunakannya pasti akan terasa sangat berguna. Pada dasarnya, kamu menggunakan dua titik dan angka untuk membiarkan penelusuran Google tahu kamumencari kisaran angka yang spesifik. Contohnya: Pemenang piala dunia ..2010

Hasil dari pencarian diatas hanyalah akan berisi pemenang Piala Dunia 2010, dan tidak akan keluar pemenang-pemenang piala dunia sebelum maupun sesudah 2010.

7. Cari hal-hal simpel
Pencarian Google bisa digunakan untuk mencari banyak hal, hingga hal yang paling simpel sekalipun. Contohnya saja : Tempat pizza terdekat

Pencarian Google akan mengambil lokasimu dan memberikan berbagai hasil tentang tempat pizza yang dekat dengan kamu.

8. Cari situs yang mirip
Google bisa digunakan untuk mencari situs yang mirip. Ketikkan “related:” di depan situs yang ingin kamu cari. Contohnya related: digitaltrends.com

9. Gunakan kata kunci
Jangan mencari di Google Search dengan kalimat seperti saat kita sedang berdiskusi dengan teman. Misalnya kamu mempertenyakan di mana bisa menemukan tempat pizza terdekat dari tempatmu sekarang. Gunakan saja kata kunci (keywords), pakailah hanya kata-kata yang penting untuk mencari. Contohnya: tempat Pizza terdekat

10. Ejaan tidak terlalu penting saat memakai Google Search
Meskipun kita mengetik dengan ejaan yang salah, mesin pencari Google cukup pintar untuk mengasumsikan makna dari kalimat yang kita berikan. Trik ini saat berguna saat kita mencari dalam bahasa asing yang mungkin ejaannya kita lupa.

11. Konversikan apapun dengan mudah
Pencarian Google dapat dengan cepat dan akurat mengkonversi kedua unit pengukuran dan nilai mata uang. Begini contoh memakainya:

Ketikkan di Google search: 10.000 won to idr;
Maka kita akan langsung bisa tau berapa rupiah 10.000 won itu.
Trik ini juga bisa digunakan untuk berbagai macam konversi unit seperti mil ke kilometer, dan masih banyak lagi.

Sekarang, sudah tidak bingung kan cara pakai Google Search dengan maksimal? Semua tugas yang bisa dipermudah dengan bantuan Google Search pasti cepat selesai deh.

Sumber : IDN TIMES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 16 =