Tak Berkategori

Tips Mengatur Gaji di Akhir Bulan

tips30juni_id

Siapa bilang gaji kecil gak butuh diatur? Justru gaji yang terbatas perlu diatur biar gak bikin tabungan terkuras.
Gaji yang sedikit bila diutak-atik sedemikian rupa bisa lebih bermanfaat buat kita. Bahkan seorang tukang potong rumput bisa naik haji dengan gajinya yang minim. Kuncinya: disiplin mengatur keuangan.

Gimana ya caranya mengatur gaji meskipun belum sampai dua digit? Gak perlu pakai kalkulator canggih buat ngatur keuangan buat yang bergaji kecil. Coba ikuti saja tips mengatur gaji kecil di bawah ini.

1. Bikin rencana keuangan
Rencana keuangan penting biar kita gak melakukan pemborosan. Orang yang boros biasanya gak punya anggaran keuangan pribadi. Kalau sudah ada anggaran, kita bisa mengendalikan diri biar gak melanggar batas pengeluaran per bulan. Jadi, ada dua hal utama di sini, yaitu rencana keuangan dan pengendalian diri.
Jika anggaran sudah tersusun rapi tapi kita gak disiplin, ya, sama juga bohong. Rencana anggaran yang meliputi pemasukan dan pengeluaran itu dibuat untuk ditaati. Rencana anggaran bulan sebelumnya pun bisa dipakai untuk lebih memperketat anggaran bulan berikutnya. Jadi, kita bisa lebih berhemat. Ujungnya, gaji boleh kecil, tapi tabungan gede.

2. Hemat dengan trik
Trik berhemat ada banyak, tergantung dalam hal apa. Misalnya dalam pemakaian listrik, kita bisa menghemat biaya tagihan dengan mematikan barang elektronik yang gak digunakan dalam waktu lama.
Dalam soal belanja, kita bisa memanfaatkan situs promo untuk mencari tahu promo/diskon terbaru biar harga barang lebih murah. Mau makan, masak sendiri. Jadi, tergantung pintar-pintarnya kita memanfaatkan peluang.

Yang pasti, hemat berbeda dengan pelit, ya. Kalau pelit itu misalnya sepatu udah butut, bolong, tapi masih dipakai dengan alasan ngirit.
Kalau memang butuh, ya gak apa-apa beli saja. Tapi jika hanya pengin, gak akan ada habisnya keinginan manusia. Ingin ini-itu banyak sekali. Kalau punya Doraemon, mah, tinggal minta saja.

3. Investasi
Seperti disebutkan sebelumnya, pos investasi sebaiknya diadakan dalam anggaran keuangan. Jika gak memungkinkan berinvestasi sekarang, bisa dikumpulkan dulu sedikit demi sedikit. Misalnya tiap bulan disisihkan Rp 100 ribu buat nantinya beli emas. Kalau sudah terkumpul, duit itu tinggal dibelikan emas. Atau bisa juga beli emas langsung dengan cara kredit. Menabung saja belum cukup sebagai investasi. Sebab, bunga tabungan terhitung kecil jika dibandingkan dengan nilai inflasi per tahun.

Sebagai orang bergaji kecil, kita gak perlu minder. Apalagi bersikap masa bodoh terhadap pengaturan keuangan. Hitung-hitung sebagai pemanasan buat nanti kalau sudah bergaji besar. Kalau sudah lihai mengatur gaji yang kecil, gaji besar pastinya juga gampang diutak-atik.

Dikutip dari : https://blog.duitpintar.com/3-tips-mengatur-gaji-kecil-biar-gak-pusing-di-akhir-bulan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *