Tips & trik

Tips Membangun Bisnis Merek Sendiri

tips5agustus_id

Semakin berkembangnya teknologi membuat keinginan berbisnis menjadi meningkat. Terutama di kalangan millenial. Bisnis yang dipilih bukanlah bisnis toko biasa. Kebanyakan memilih membuat bisnis dengan merek sendiri. Merek produk tersebut akan disesuaikan dengan pemilik. Entah menggunakan nama sendiri atau yang berhubungan dengan pemiliknya, misalnya seperti hobi, nama hewan kesayangan, dan sebagainya.

Berikut tips untuk membangun sebuah bisnis dengan merek produkmu sendiri.

1. Memastikan produk apa yang akan dijual
Pastikan produk yang akan kamu jual. Pilihlah produk yang kamu sukai dan dapat digunakan atau disukai banyak otang.

2. Membuat logo produk.
Buatlah logo yang sesuai dengan karakteristikmu dan target pasarmu. Jika target pasarmu remaja perempuan, maka buatlah logo yang imut dan ceria. Namun, jika target pasarmu adalah pria dewasa, maka buatlah logo yang elegan dan simpel

3. Menentukan ciri khas produk.
Berikan ciri khas produk yang kamu jual. Entah dari sisi pemilihan warna, ataupun dari bentuk produk yang kamu jual. Jika kamu ingin membangun ciri khas produk hitam putih, maka gunakan warna monokrom pada semua produkmu. Begitu pula jika kamu ingin membangun karakter ceria dan penuh warna, maka gunakan warna yang mencolok serta berwarna-warni.

4. Membangun kerja sama dengan vendor.
Kamu membutuhkan vendor untuk memproduksi produk yang kamu jual. Apalagi kamu masih baru membuka bisnis ini. Pilihlah vendor yang dapat diajak kerja sama dengan baik. Selain itu, pastikan kualitas produkmu akan maksimal jika diproduksi vendor tersebut. Hubungan yang baik dengan vendor tentu akan menguntungkan buat kamu!

5. Melakukan perhitungan modal dan laba.
Perhitungkan berapa modal awal yang kamu miliki untuk membangun bisnis. Perhatikan laba yang akan kamu dapat dalam sekali produksi. Tentukan harga yang tepat untuk setiap produk yang akan kamu jual. Jangan sampai salah menaruh harga karena akan merugikan bisnismu!

Dikutip dari : https://business.idntimes.com/economy/yoshi/9-tips-membangun-bisnis-merek-sendiri-1/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *