Tips & trik

Tips Belanja Online Aman dengan Uang THR

Tips Belanja Online Aman dengan Uang THR

Tren belanja online kini mulai berkembang di kalangan masyarakat. Buktinya, pemerintah memprediksi transaksi e-Commerce di Indonesi menembus nilai fantastis Rp 394 triliun.

Kendati begitu, belanja online juga memerlukan ketelitian dan kehati-hatian. Bagaimanapun juga berbelanja di internet tetap akan membuka celah bagi para penjahat siber (cyber criminal) untuk mengambil keuntungan anda.

Nah, anda perlu tahu hal-hal ini sebelum memutuskan untuk berbelanja online di internet, khususnya bagi anda yang baru saja mendapatkan uang THR. Hal ini perlu anda ketahui agar belanja online lebih aman dan menyenangkan, sehingga anda bisa mendapatkan barang yang diinginkan dan bisa dipakai di Hari Raya.

Berikut adalah tipsnya :

1. Jangan Mudah Terkecoh

Terkadang ada email penawaran menarik yang masuk ke akun anda. Waspada jika email tersebut mencurigakan dan jangan mudah terkecoh untuk membuka tautan di dalam email-nya.

Biasanya, email tersebut berupa celah bagi hacker untuk mencuri informasi pribadi dan keuangan Anda. Sebaiknya langsung saja berbelanja online pada portal e-Commerce yang resmi.

2. Hati-hati pada Email yang Mengaku dari Bank

Hati-hati pada email yang mengaku dari bank, yang mengatakan perlu log in ke akun anda dengan cara mengklik tautan untuk me-reset kata sandi. Cek alamat email-nya dan kalau perlu tanyakan langsung ke pihak bank yang terkait.

3. Periksa Kartu Kredit

Biasakan untuk meungecek kartu kredit anda, setidaknya sekali seminggu untuk memastikan bahwa transaksi pembelian benar-benar dilakukan oleh anda.

Jika ada transaksi yang mencurigakan, jangan ragu untuk menghubungi perusahaan kartu kredit.

4. Pasang Perangkat Aman

Pastikan perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet, dan komputer anda dalam keadaan aman.

Kamu dapat memasang antivirus untuk mencegah masuknya malware ke perangkat yang berpotensi untuk mencuri informasi pribadi.

Dikutip dari: https://www.liputan6.com/ramadan/read/3545831/4-tips-belanja-online-aman-dengan-uang-thr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *