Tips Atasi Kelelahan Saat Puasa

Berpuasa bukan berarti Anda harus beraktivitas dengan lemas dan lesu. Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan tidak boleh dilakukan dengan setengah hati. Selain beribadah, puasa juga memberikan manfaat kesehatan untuk Anda, salah satunya karena puasa diyakini sebagai cara untuk mendetoksifikasi tubuh dengan baik. Dengan berpuasa, perut dan lambung yang sebelumnya bekerja terus menerus dapat beristirahat. Karenanya, penting untuk memberikan perhatian ekstra pada apa yang kamu makan.

Makanan tertentu memang terbukti bisa menyuntikkan energi, sehingga sesuai untuk atasi kelelahan di setelah jalani Puasa Ramadan. Apa sajakah?

1. Lemon
Segelas air lemon di pagi hari cocok untuk menambah energi kamu. Sari dari satu buah lemon menghasilkan 40 persen dari kebutuhan vitamin C harian seseorang. Selain itu, jus lemon rendah kalori.

2. Biji chia
“Biji chia memberi kami energi yang stabil karena memiliki rasio protein, lemak, dan serat yang baik. Kandungan karbohidrat dalam biji chia juga rendah,” ujar Dr Carolyn Brown, ahli gizi dari Foodtrainers di New York.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan sumber serat terbaik. Kacang-kacangan mampu menyediakan energi tahan lama tanpa menaikkan kadar gula darah karena menstabilkan kualitas seratnya.

Bagi para vegetarian yang tak mengonsumsi daging, kacang-kacangan bisa jadi sumber protein terbaik.

4. Bayam
Iron membantu sel darah merah membawa oksigen ke bagian tubuh lainnya. Umumnya kelelahan kerap terjadi karena kurangnya zat besi dalam tubuh. Sayuran hijau diakui sebagai salah satu makanan pemicu asupan besi. Bayam juga mengandung magnesium, mineral penting yang bisa memberi energi pada tubuh.

5. Telur
Studi pada 2009 menemukan, telur sangat baik bagi mereka yang berlatih keras dan membutuhkan energi ekstra. Telur menyedikakan asam amino penting yang bisa meningkatkan kinerja otot dalam menggunakan glukosa.

Telur juga sumber besi, protein, antioksidan, serta beberapa vitamin yang baik. Sebuah studi bahkan menemukan, telur aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes tanpa meningkatkan risiko kardiovaskular.

6. Oatmeal
Sarapan seimbang dengan kandungan protein dan karbohidrat yang cukup akan membuat tubuhmu berenergi sepanjang hari.

“Oatmeal adalah salah satu dari sekian makanan yang kaya akan kandungan serat larut. Serat tersebut akan bertahan berjam-jam di perut. Ini artinya kamu juga memiliki energi yang cukup sepanjang waktu,” ujar Andy Bellati, ahli gizi dari Las Vegas.

7. Cokelat
Studi menunjukkan, cokelat hitam adalah antioksidan yang baik. Jenis cokelat ini juga bisa meningkatkan mood dan membuat lebih terjaga. Laman Reader’s Digest merekomendasikan satu kotak kecil cokelat hitam sebagai kudapan untuk memicu energi karena kandungan kalorinya tetap dalam batas aman. Sebaiknya pilih cokelat hitam dengan kandungan cacao minimum 70 persen untuk mendapat manfaatnya.

Dikutip dari: https://www.liputan6.com/ramadan/read/3540882/7-makanan-atasi-kelelahan-setelah-jalankan-puasa-ramadan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 2 =