Telkomsel-Microsoft Dorong Lahirnya SDM Berkompetensi Teknologi

Telkomsel-Microsoft Dorong Lahirnya SDM Berkompetensi Teknologi

Saat ini Indonesia sedang memasuki disrubsi era teknologi telah merubah cara kita untuk berinteraksi satu sama lain. Tidak hanya itu internet juga turut mengubah cara kita berinteraksi dengan mesin. Di mana hal ini diyakini menjadi suatu hal umum di masa depan. Melihat perkembangan itu, mau tidak mau Indonesia harus melangkah lebih maju agar tidak kalah saing dengan negara-negara berkembang lainnya.

Telkomsel dan Microsoft bekerja sama untuk mendorong kualitas dunia pendidikan terkait usaha mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkompetensi teknologi.

Kerja sama tersebut diwujudkan dengan meluncurkan layanan Microsoft Office 365 Education yang ditujukan buat komunitas pendidikan di Indonesia. Aplikasi ini diharapkan bisa membantu guru dan siswa bersinergi dengan teknologi demi meningkatkan daya saing.

Vice President Sales and Marketing Area Jawa Bali Telkomsel Ericson Sibagariang mengatakan, pihaknya menargetkan Microsoft Office 365 Education mampu menembus 12 ribu sekolah dan Perguruan Tinggi yang ada di area Jawa dan Bali.

“Dengan kerja sama ini diharapkan komunitas pendidikan di Indonesia benar-benar siap menghadapi perubahan dengan memiliki kompetensi teknologi yang andal serta siap bersaing di era transformasi digital,” kata Eric saat jumpa pers di Hotel Bumi, Surabaya, Selasa (27/11/2018).

Education Lead Microsoft Indonesia Benny Kusuma memaparkan sejumlah fitur unggulan Microsoft Office 365. Misalnya OneNote Class Notebook, untuk membuat kelas digital dengan sentuhan pengalaman belajar yang mudah dan menyenangkan untuk guru dan murid.

Ada pula fitur dari Microsoft Form, yang memungkinkan sekolah untuk mempunyai sistem computer based testing. Caranya dengan memanfaatkan bank soal yang dibuat sendiri oleh guru ataupun bank soal yang dibagikan oleh guru lain. Dari fitur Microsoft Form ini guru dapat secara langsung melakukan penilaian secara digital dan menyimpan hasilnya secara digital juga. Diharapkan, penggunaan sistem digital ini akan memudahkan guru dalam mengurangi beban administrasi berbasis kertas.

Selain itu, ada pula fitur Office Mix yang membuat presentasi menjadi lebih hidup dan interaktif. Misalnya saja dengan fitur slide recording, flipped classroom, dan ppt-mp4.

Ada juga fitur online quizzes yang bertajuk Skype for Business. Fitur ini mampu menjalin kelas virtual dengan pengajar dari seluruh dunia dengan menggunakan Skype. Lalu, ada fitur Outlook yang mengintegrasikan email, kalender, kontak dan Skype. Hal ini masih ditunjang dengan One Drive, atau tempat penyimpanan data digital.

“Office 365 ini menurut saya paling bermanfaat di education. Satu fitur yang menurut saya paling bermanfaat dan dapat dipakai di sekolah-sekolah di dunia,” pungkas Benny.

Sumber : detik inet/a>

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − eighteen =