Strategi agar Content Marketing Tepat Sasaran

Strategi agar Content Marketing Tepat Sasaran

Sebelum membahas lebih dalam tentang content marketing, kamu harus tau cara kerja content marketing. Misalnya Konsumen tidak akan mengambil tindakan ketika kamu menginginkan mereka bertindak. Konsumen akan bertindak ketika mereka sudah siap.

Mereka tidak membeli apa yang kamu mau mereka untuk beli, mereka akan membeli ketika mereka siap untuk membeli. Sama halnya dengan cara mereka mengonsumsi konten. Mereka tidak akan membaca artikel terbarumu karena baru saja dipublikasikan harus ada konten yang tepat, untuk orang yang tepat, dan pada waktu yang tepat. Sebagai seorang content marketer, pekerjaanmu adalah untuk meyakinkan kembali bahwa konten yang kamu buat berada tepat di hadapan audiens yang tepat, di waktu yang tepat. Berikut lima tip menarik untuk membantumu berpikir lebih strategis ketika sedang membuat konten untuk audiens tertentu dan bagaimana pemilihan waktu yang tepat akan membantu kesuksesan konten tersebut.

  • Kenali pasar dan audiens sebelum membuat konten
  • Memahami siapa audiens yang kamu bidik adalah langkah pertama untuk menjamin sebuah konten agar dapat dikonsumsi oleh audiens yang tepat dan meraih tujuannya — seperti brand awareness, peningkatan traffic, dan conversion, atau membangun tautan berkualitas untuk meningkatkan peringkatmu di mesin pencari.

  • Gunakan kesempatan untuk melakukan campaign
  • Ada banyak sekali cara untuk sebuah bisnis berinvestasi dalam content marketing. Untuk memulai upaya tersebut, berikut ini adalah beberapa contoh yang dapat kamu terapkan:

    1. Memberikan brand sebuah kepribadian
    2. Terlibat aktifitas dengan audiens
    3. Meningkatkan peringkat di mesin pencari
    4. Meningkatkan brand awareness
    5. Membangun domain authority
    6. Meningkatkan traffic dan konversi

  • Cari tahu bagaimana konten yang tepat dan layak bagi audiens
  • Apa mereka menginginkan giveaway atau hal-hal yang sifatnya gratis dari website kamu? Bagaimana dengan blog post yang telah kamu buat? Apa yang mereka inginkan, ulasan yang panjang atau yang singkat dan padat? Apakah konten yang kamu buat menjawab kebutuhan audiens? Bagaimana dengan konten-konten visual seperti infografis? Strategi seperti apa yang akan kamu terapkan dalam konten lain seperti audio, video, serta konten interaktif lainnya?

  • Terus ketahui informasi terkini
  • Untuk menjaga agar bisnis kamu tetap relevan dengan kondisi sehari-hari audiens, sangat disarankan untuk kamu mengecek secara rutin situs berita dan blog yang berhubungan dengan industri bisnismu.
    Beberapa tool seperti BuzzSumo dan Google Trends juga dapat menjadi pilihan utama untuk mencari topik terbaik yang relevan dengan bisnismu — dan menggunakan topik tersebut untuk konten yang akan kamu buat.

  • Ujikan waktu unggah dari konten yang kamu buat
  • Banyak sekali penelitian di internet tentang penentuan waktu terbaik untuk kamu mengunggah konten di media sosial, email, blog, dan lain-lain. Walaupun kamu selalu dapat menentukan waktu yang terbaik untukmu.

    Content marketer yang baik adalah mereka yang mampu membuat konten yang diinginkan oleh audiens. Tetapi bahkan mereka yang terbaik pun terkadang kesulitan untuk menghadirkan konten untuk audiens yang tepat di waktu yang tepat. Dengan mengetahui apa yang dipikirkan dan dilakukan oleh audiens, kamu akan mampu untuk membuat sebuah struktur konten yang menyajikan pengalaman terbaik untuk audiens.

    Sumber : https://id.techinasia.com/5-strategi-agar-content-marketing-berhasil-tepat-sasaran

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    15 − 1 =