Phising Email

Kalau dalam artikel beberapa waktu lalu kita sudah membahas apa itu phising. Sekarang kita akan membahas apa saja sih jenis-jenis phising itu?

Mengulas sedikit tentang pengertian phising. Phising adalah suatu metode yang di gunakan hacker untuk mencuri password dengan cara mengelabui target menggunakan fake form login pada situs palsu yang menyerupai situs aslinya. Istilah ini berasal dari kata “fishing” = “memancing” korban untuk terperangkap dijebakannya. Phising bisa dikatakan mencuri informasi penting dengan mengambil alih akun korban untuk maksud tertentu. Hal ini bisa saja dengan maksud mencari celah untuk beberapa akun yang terhubung dengan akun yang telah didapat.

Jenis – jenis Phising:
1. Email Phising
2. Web Phising
3. Phising Apps (Aplikasi Phising)
4. Phone Phising

Baik, sekarang yuk kita bahas satu persatu. Yang pertama, apa itu phising email? Phishing email adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, Password dan data-data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah email.

Email phising bisanya berpura-pura/mengaku menjadi perwakilan resmi dari suatu komunitas tertentu. Misalnya paypal, email phising biasanya akan meminta password dengan mengaku sebagai pihak resmi. Kadang ada juga yang menggunakan artikel/status/postingan.

Jangan pernah klik tautan atau membuka lampiran dari pesan mencurigakan atau tak dikehendaki. Jika Anda perlu mengisi daya atau memperbarui informasi pribadi, hubungi perusahaan secara langsung.
Tanda berikut dapat membantu Anda mengidentifikasi penipuan email phishing:

  • Alamat email atau nomor telepon penerima tidak cocok dengan nama asal perusahaan yang diakuinya.
  • Alamat email atau nomor telepon Anda berbeda dari yang Anda berikan ke perusahaan tersebut.
  • Pesan dimulai dengan sapaan generik, seperti “Halo pelanggan.” Sebagian besar perusahaan berlegitimasi akan menyertakan nama Anda di pesan mereka kepada Anda.
  • Tautan terlihat seperti resmi tetapi membawa Anda ke situs web dengan URL yang tidak sesuai alamat situs web perusahaan.*
  • Pesan terlihat sangat berbeda dengan pesan lain yang Anda terima dari perusahaan yang sama.
  • Pesan meminta informasi pribadi, seperti nomor kartu kredit atau kata sandi akun.
  • Pesan tidak diminta dan berisi lampiran.


  • Lalu apa yang harus Anda lakukan?

    1. Berhati-hati ketika Anda mendapatkan kiriman email yang berisi tautan email yang meminta Anda untuk mengisi informasi pribadi Anda. Cermati alamat URL yang ada di address bar.

    2. Hanya mengetik data pribadi pada website yang aman. Anda perlu lebih berhati-hati setiap memberikan informasi pribadi Anda kepada pihak lain, sekalipun itu yang mengatasnamakan domain yang Anda kenal.

    3. Khusus untuk email dengan alamat yang pasti, Anda tidak perlu membalasnya karena email yang dikirimkan oleh noreply biasanya adalah email yang bersifat informasi.

    Kesimpulannya anda harus berhati-hati dengan email yang masuk ke akun email anda. Demikian penjelasan tentang pengertian tentang email phising. Kita akan membahas jenis-jenis phising lainnya di artikel berikutnya. Remain cautious using online media!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    13 + five =