Login di Browser Tanpa Password

Dengan WebAuthn, perangkat eksternal bisa di fungsikan sebagai alat untuk melakukan otentikasi dua langkah (two factor authentication) atau menggantikan password sepenuhnya.

Peramban-peramban populer, termasuk Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge sudah menyatakan bakal mendukung WebAuthn, sebuah standar web API baru yang memungkinkan proses otentikasi lewat perangkat eksternal, seperti smartphone dan token USB.

WebAuthn yang namanya merupakan kependekan dari Web Authentication, rencanaya akan mulai diterapkan di versi baru dari peramban-peramban di atas dalam waktu beberapa bulan ke depan. Apple belum menyuarakan dukungan WebAuthn di browser Safari besutannya.

Sistem otentikasi dengan perangkat eksternal yang lebih aman sekaligus bebas phising sebenarnya sudah didukung oleh raksasa layanan-layanan online seperti Google dan Facebook.

Dukungan WebAuthn di peramban-peramban nanti akan mempermudah implementasi otentikasi tanpa password itu di layanan online yang skalanya lebih kecil.

Dengan WebAuthn, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (12/4/2018), perangkat eksternal bisa difungsikan sebagai alat untuk melakukan otentikasi dua langkah (two-factor authentication) atau menggantikan password sepenuhnya. “Sebelumnya, dukungan token dilakukan oleh perusahaan-perusahgaan besar seperti Google, Microsoft, dan Facebook, yang akan mengimplementasikan driver mereka sendiri,” ujar Senior Director Engineering Firefox, Selena Deckelmann.

Sumber dari Login di Browser Bakal Tak Perlu Password

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 1 =