Informasi

Kini Bisa Nonton Video Sambil “Chatting” di WhatsApp Android

WhatsApp di Android akhirnya menyusul fitur yang telah lama ada di iOS, yaitu mode Picture-in-Picture (PiP). Fitur ini telah di uji coba selama beberapa bulan.

Kini fitur tersebut hadir pada WhatsApp versi 2.18.280 yang bisa diunduh langsung dari Play Store. Melalui fitur ini, ketika pengguna lain mengirimkan pesan berupa link video YouTube, Instagram, maupun Facebook, video tersebut akan terputar pada sebuah layar kecil sehingga pengguna bisa menonton video tersebut sambil chatting. Mekanisme ini mempermudah pengguna ketika ingin berbagi referensi video kepada pengguna lain dan hendak membahasnya.

Tapi perlu diingat, pengguna harus menunggu sampai link tersebut memunculkan thumbnail video beserta rinciannya. Jika tidak, yang akan diterima pengguna lain hanya sebatas link, dan fitur PiP tidak akan muncul pada tautan ini.

Percakapan dapat dilakukan lebih real-time karena tidak ada jeda waktu untuk keluar-masuk aplikasi. sayangnya, tidak semua video dapat diputar melalui fitur ini. Video yang bisa disaksikan sambil chatting hanya berasal dari YouTube, Instagram, dan Facebook.

Setelah video mulai diputar dalam mode PiP, video ini akan mengapung di layar WhatsApp. Sehingga memungkinkan pengguna untuk terus mengobrol sambil menonton video. Menariknya lagi, pengguna bahkan dapat kembali dan mengobrol dengan pengguna lain karena video terus diputar.

Video tersebut tidak akan berhenti kecuali pengguna secara khusus menggeseknya. Mode PiP meningkatkan seluruh pengalaman perpesanan, tetapi WhatsApp membutuhkan waktu hampir setahun untuk menghadirkannya bagi pengguna Android.

Meskipun fitur PiP ini sudah mulai populer sejak tahun lalu, dibutuhkan waktu sekitar satu tahun bagi WhatsApp untuk membawa fitur ini ke dalam aplikasi. Hadirnya fitur PiP secara resmi ini menjadi sebuah keunggulan bagi WhatsApp dibanding aplikasi pesan instan lainnya. Pasalnya, sejauh ini belum ada aplikasi pesan instan lain yang memiliki fitur tersebut.

Sumber : KOMPAS.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 4 =